Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Layanan BRT Gratis Akan Diperluas ke Empat Kota Tahun Depan

Kemenhub akan menambah layanan bus rapid transit (BRT) gratis ke empat kota pada 2021. Yakni, Surabaya, Bandung, Banjarmasin dan Manado.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Layanan BRT Gratis Akan Diperluas ke Empat Kota Tahun Depan
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Sejumlah penumpang sedang menunggu kedatangan bus Trans Semarang di halte Pemuda. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah layanan bus rapid transit (BRT) gratis ke empat kota pada 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, mengatakan ada empat kota yang akan mendapatkan subsidi tersebut yaitu Bandung, Surabaya, Banjarmasin dan Manado.

"Kami akan utamakan pelaku bisnis transportasi dari daerah, dan kami juga menggandeng Bank BNI untuk membantu penganggaran," ucap Budi dalam keterangannya, Selasa (8/9/2020).

Budi juga menyebutkan, saat ini subsidi transportasi massal dengan skema BTS pada 2020 difokuskan kepada lima kota diantaranya Solo, Denpasar, Palembang, Medan dan Yogyakarta.

Baca: BRT Gratis Teman Bus Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada

"Melalui skema ini, pemerintah membeli jasa layanan bus dari operator dengan harga jasa yang ditentukan berdasarkan perkiraaan biaya operasional kendaraan," ucap Budi.

Selain itu Budi juga menyebutkan, BTS juga dilakukan dengan mekanisme lelang berbasis standar pelayanan minimal atau quality licensing.

BERITA TERKAIT

"Kami juga bakal memberikan subsidi 100 persen untuk melaksanakan standar pelayanan minimal, dan itu sesuai yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Tahun 2020," ucap Budi.

Dalam standay pelayanan minimal, lanjut Budi, meliputi aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas