Tribun Otomotif

Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik BL-SEV01

Universitas Budi Luhur merilis sepeda motor listrik buatannya bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik BL-SEV01
ist
Universitas Budi Luhur merilis sepeda motor listrik buatannya bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Budi Luhur merilis sepeda motor listrik buatannya bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

BL-SEV01 lahir dari riset panjang universitas, yang juga ingin ikut serta dalam penciptaan era kendaraan listrik di Tanah Air.

Sepeda motor BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW yang didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Baca juga: Apple dan Hyundai Dikabarkan Akan Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Pengemudi

BL-SEV01 mampu melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

Dari sisi desain, para peneliti Universitas Budi Luhur memilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh dan agresif.

Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengatakan bahwa Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa.

"Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," tutur Hanggoro saat peluncuran virtual, Kamis (14/1/2021).

BL-SEV01 dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur.

Selain itu, pengembangan BL-SEV01 mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino menyampaikan bahwa pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai dan modul yang digunakan di BL-SEV01.

"Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI," jelas Wendi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas