Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cegah Kebakaran, Semua Mobil Suzuki Produksi 2021 Sudah Dilengkapi APAR

Yang perlu diingat, setiap APAR memiliki masa kadaluwarsa. Setiap APAR bisa digunakan untuk masa pakai sampai dengan 8 tahun sebelum dibuka.

Cegah Kebakaran, Semua Mobil Suzuki Produksi 2021 Sudah Dilengkapi APAR
PT SIS
Posisi APAR di pick up New Carry berada di bawah dasbor sebelah kiri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melengkapi semua model kendaraan yang dipasarkannya mulai Januari 2021 ini dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pengadaan APAR pada mobil-mobil produksi Suzuki produksi tahun 2021 merupakan upaya Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan faktor keamanan di kendaraan.

Head of 4W Product Development, Yulius Purwanto, mengatakan hadirnya APAR pada kendaraan Suzuki akan mengurangi risiko yang dipicu oleh kebakaran di dalam mobil.

"Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” ujar Yulius.

Dijelaskan, APAR yang dipasang di setiap unit kendaran Suzuki sudah tersertifikat SNI dan berjenis dry chemical powder yang bekerja menutup permukaan kebakaran/api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa cepat dipadamkan.

Penggunaan Dry chemical powder diklaim tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya.

Baca juga: Suzuki Stop Sementara Pemesanan Jimny

Yulius juga menjelaskan, model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, yaitu kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu; kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amoniak, dan solar; serta kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil.

Baca juga: New Carry Pick Up Facelift Meluncur dengan Tampang Baru, Harga Mulai Rp 152,5 Juta

Yang perlu diingat, setiap APAR memiliki masa kadaluwarsa. Setiap APAR bisa digunakan untuk masa pakai sampai dengan 8 tahun sebelum dibuka.

Menurut Yulius, konsumen yang ingin membeli unit APAR secara terpisah juga dapat melakukan pembelian di diler resmi Suzuki.

Terkait posisi penempatan APAR, Yulius mengatakan, penempatannya berbeda-beda pada setiap mobil Suzuiki namun dia memastikan posisi APAR tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

APAR tersebut kini terpasang di unit New Carry Pick Up S-Cross, Jimny, Karimun Wagon R, New Baleno, New Ignis, APV, All New Ertiga dan XL7 seluruhnya dengan vehicle identification number (VIN) 2021.

Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas