Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Agar Tetap Tangguh, Ini Tips Merawat Motor Bebek Berumur di Atas 10 Tahun

Bila Anda ingin motor bebek produksi lama tetap berperforma maksimal dan bermesin tangguh, ada 4 hal yang harus diperhatikan.

zoom-in Agar Tetap Tangguh, Ini Tips Merawat Motor Bebek Berumur di Atas 10 Tahun
ISTIMEWA
Ilustrasi motor bebek. 

TRIBUNNEWS.COM - Meski motor matic lebih populer di kalangan masyarakat saat ini, masih banyak orang yang setia menggunakan motor bebek. Bahkan, tak jarang yang masih memiliki motor bebek berusia di atas sepuluh tahun.

Motor bebek memang memiliki pangsa pasarnya sendiri. Terlebih, berbicara soal performa, motor bebek dipersenjatai dengan mesin yang bandel, bahkan ada pula yang bahan bakarnya lebih irit.

Meski begitu, usia motor bebek masih bisa lebih awet jika dirawat secara apik dan rutin. Bila Anda ingin motor bebek produksi lama tetap berperforma maksimal dan bermesin tangguh, ada 4 hal yang harus diperhatikan.

Rutin memanaskan motor

Sebelum melakukan aktivitas berkendara, jangan lupa untuk memanaskan motor terlebih dahulu. Melansir GridOto, sepeda motor yang masih menggunakan karburator, seperti motor bebek, dapat dipanaskan kurang lebih 2-5 menit. 

Tujuan memanaskan mesin motor adalah untuk meningkatkan suhu mesin agar motor tidak mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba. Penyesuaian suhu secara berkala dapat mempersiapkan komponen-komponen mesin lain untuk memulai kinerja yang optimal. 

Aktivitas memanaskan motor juga penting dilakukan untuk menjamin sirkulasi oli melumasi semua komponen dalam mesin.

BERITA TERKAIT

Rutin melakukan servis berkala

Jangan tunggu motor bebek Anda kian bermasalah. Lebih baik usahakan rutin melakukan servis berkala 3 bulan sekali. Lakukan pengecekan mesin dan beragam komponen seperti rem, kelistrikan, busi atau pengapian, rantai dan roda gigi. 

Misalnya, pastikan apakah roda gigi motor bebek Anda kendur atau ada bagian yang berlubang. Cek juga apakah kampas rem masih bagus atau tidak, terutama jika motor bebek Anda menggunakan rem cakram.

Selanjutnya, hal yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek busi. Jika busi motor bebek tua Anda sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama, cepatlah menggantinya dengan yang baru. Melansir Tribun Otomotif, membiarkan busi yang sudah aus akan memicu terjadinya overheat pada saat busi bekerja.

Selain itu, jika ban sepeda motor sudah aus, gantilah dengan ban yang baru. Ban yang termakan usia atau botak akan mengganggu kenyamanan berkendara dan meminimalisasi terjadinya kecelakaan di jalan.

Rutin mengecek aki dan ganti oli

Motor bebek biasanya menggunakan aki basah dan aki kering. Gantilah keduanya dengan yang baru setiap ada tanda-tanda masalah. Khusus untuk aki basah, perhatikan volume air aki yang seiring berkurang selama pemakaian. 

Jika aki tidak diisi ulang, hal ini akan mengganggu kinerja sistem kelistrikan motor dan merusak beberapa komponen motor bebek Anda.

Yang tak kalah penting adalah mengganti oli secara tepat waktu. Melansir GridOto, oli berperan penting untuk mengurangi gesekan antar komponen motor, seperti silinder dan piston.

Seiring usia pakai dari motor akan menyebabkan keausan pada komponen mesin. Keausan yang tinggi menyebabkan gap antara piston dan linernya sehingga kompresi mesin pun berkurang. Ketika ada gap ini, maka dibutuhkan oli yang lebih kental untuk merapatkan piston.

Produk Yamalube XP-50
Yamalube XP-50

Untuk menjamin kualitas oli yang terbaik bagi motor bebek kesayangan Anda, pilihlah oli Yamalube XP-50 yang diformulasikan khusus oleh Yamaha Motor Jepang untuk sepeda motor Yamaha jenis motor bebek dengan pemakaian hingga di atas 10 tahun.

Dengan kekentalan 20W-50 dan base oil mineral, Yamalube XP-50 mampu melumasi celah pada komponen mesin motor, sehingga menjaga kompresi dan performa tetap prima serta suara mesin lebih halus. 

Untuk menjaga performa mesin motor bebek Anda tetap maksimal, Yamalube XP-50 yang dikemas dalam volume 0,8 liter ini dibanderol dengan harga eceran yang disarankan sebesar Rp 31.000 dan dapat di beli di bengkel kepercayaan anda.

yamahalube

Untuk sepeda motor bebek keluaran tahun 2011 keatas (kurang dari 10 tahun) Yamaha menyediakan Yamalube Silver dengan kekentalan 20W-40 dan Yamalube Gold dengan kekentalan 10W-40 yang menggunakan base oil semi-synthertic. 

Punya sepeda motor klasik bukan berarti performanya jadi usang dan payah, bukan? Dengan rutin mengganti oli yang berkualitas, performa mesin motor bebek Anda akan tetap bandel!

Yamalube #oliaslidariyamaha 

Yamalube XP-50 #lintasdasawarsa

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas