Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Tips Aman Kembali ke Tempat Perantauan dengan Sepeda Motor

Lakukan pengecekan oli mesin, oli gardan jika menggunakan sepeda motor matic, kemudian cek rantai, cek rem depan dan belakang, serta lampu-lampu.

Tips Aman Kembali ke Tempat Perantauan dengan Sepeda Motor
NTMC Polri
Pos penyekatan mudik lebaran 2021 di perbatasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, jebol oleh ribuan pemudik, Kamis (13/5/2021) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Usai berlebaran ke kampung halaman, sekarang saatnya kembali ke tanah rantau untuk bekerja.

Bagi Tribunners yang akan kembali ke tempat rantau dengan menggunakan sepeda motor, kami punya tips agar berkendara aman sampai ke tujuan.

Mekanik Senior Harapan Motor Depok Wawan Sutawijaya, mengatakan ada dua faktor yang perlu diperhatikan saat akan balik ke rantau.

"Yang pertama dari sisi rider dan yang kedua dari sisi kendaraan, dalam hal ini sepeda motor. Dari sisi rider tentu harus sehat secara fisik dan psikis karena perjalanan jauh menggunakan sepeda motor akan sangat menguras energi, baik dari sisi jarak dan kondisi lalu lintasnya," tutur Wawan saat dihubungi Tribunnews, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Jika Tes Antigen Reaktif, Pemudik Balik ke Jakarta akan Jalani Tes PCR & Isolasi di Wisma Atlet

Selanjutnya dari sisi sepeda motor yang persiapannya lebih mudah, mulai dari bisa dirasakan secara handling dan dilihat secara fisik untuk kondisi spare part-nya.

Lakukan pengecekan oli mesin, oli gardan jika menggunakan sepeda motor matic, kemudian cek rantai, cek rem depan dan belakang, serta lampu-lampu.

"Jika melakukan pengecekan di bengkel, mekanik umumnya akan merekomendasikan pergantian spare part jika kondisinya di bawah 40 persen, mengingat akan digunakan jarak jauh," terang Wawan.

Beralih ke handling motor, biasanya mekanik akan mengerjakan menurut keluhan konsumen, seperti apakah saat digunakan tidak stabil, suspensi kurang nyaman atau lainnya.

"Biasanya setelah selesai diservice dan dicoba oleh Service Advisor (SA), pemilik juga disarankan untuk mencobanya, jika ada kekurangan bisa langsung diperbaiki," jelasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas