Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Tujuh Tips Aman Berkendara Motor Selama Masa Pandemi

Selama masa pandemi ini kita juga harus membiasakan diri dengan hal-hal baru ketika berkendara dengan sepeda motor.

Tujuh Tips Aman Berkendara Motor Selama Masa Pandemi
dok. Yamaha
Tips aman berkendara motor selama masa pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama masa pandemi Covid-19 ini, masih cukup banyak masyarakat yang tetap harus beraktivitas di luar rumah karena tuntutan profesi dan lainnya.

Karenanya, mereka tetap harus berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes). Demikian pula saat mereka bepergian dengan sepeda motor.

Selain mengacu pada kaidah safety riding, selama masa pandemi ini kita juga harus membiasakan diri dengan hal-hal baru ketika berkendara dengan sepeda motor.

Mulai dari sebelum berkendara hingga saat berkendara.

Sebelum melakukan aktivitas keluar rumah terutama menggunakan sepeda motor, sebaiknya pastikan terlebih dulu kondisi kesehatan badan dan motor Anda.

Frengky Rusli, Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek mengatakan, masyarakat tetap harus tetap menjaga protokol kesehatan agar tetap sehat selama menghadapi pandemi, khususnya para pengguna sepeda motor.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Sepeda Motor: Gunakan Pelumas, Pakai Penggaris untuk Ukur Kekenduran

"Selain mengecek kondisi motor sebelum berkendara, selalu gunakan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sepatu, sarung tangan dan jaket," ujarnya, Jumat (30/7/2021).

Berikut delapan tips berkendara tetap sehat selama pandemi :

1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit dan sehat, untuk memastikannya gunakan thermometer untuk mengecek suhu tubuh atau oximeter untuk mengecek saturasi kadar oksigen

2. Cek kondisi motor dalam keadaan baik dengan memperhatikan dasar pengecekan motor seperti tekanan ban, system pengereman, kopling, lampu depan dan belakang motor.

Baca juga: Pembiayaan WOM Finance Tembus Rp 1,8 Triliun di Semester I 2021

3. Gunakan dua masker sesuai dengan anjuran Pemerintah. Pengendara yang menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

4. Kenakan safety gear seperti helm, sepatu, sarung tangan dan jaket. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya jangan yang setengah, tapi yang bisa menutupi seluruh bagian tangan (full cover).

5. Tutup kaca helm (visor) saat berkendara dan hindari penggunaan helm secara bergantian dengan orang lain.Kaca helm selalu tertutup saat berkendara guna mencegah masuknya benda asing serta mengusap mata saat dalam perjalanan.

6. Selalu bawa cadangan masker dan hand sanitizer. Para pengendara motor perlu membawa masker cadangan sebagai antisipasi jika masker kotor atau basah saat berkendara.

7. Setelah tiba di tujuan, pastikan selalu mencuci tangan dan sempatkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas