Tribun Otomotif

Mudah dan Ampuh, Ini 4 Tips Menghemat BBM pada Kendaraan Bermotor

Ternyata, menghemat BBM bukanlah hal sulit, lho! Berikut 4 tips menghemat BBM yang dapat kamu coba sekarang juga!

zoom-in Mudah dan Ampuh, Ini 4 Tips Menghemat BBM pada Kendaraan Bermotor
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di Jakarta, Rabu (13/5/2020). Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memproyeksikan realisasi jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan bakal di bawah kuota yang ditetapkan tahun ini, selama masa pandemi Covid-19 tren konsumsi BBM cenderung melemah hingga akhir tahun jika dibandingkan dengan konsumsi normal yang terjadi pada Januari dan Februari 2020. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai pemilik kendaraan, baik itu roda dua atau roda empat, menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) merupakan hal yang penting.

Dengan menghemat konsumsi bahan bakar, maka pengeluaranmu juga jadi lebih irit.

Ternyata, menghemat BBM bukanlah hal sulit, lho! Berikut 4 tips menghemat BBM yang dapat kamu coba sekarang juga!

1) Gunakan ban yang ideal

Penggunaan ban dan tekanan angin ternyata memiliki peran yang penting untuk membuat konsumsi BBM kendaraanmu menjadi lebih hemat.

Dikutip dari GridOto, untuk menghemat BBM sebaiknya gunakan ban yang memiliki hambatan gulir rendah. Dengan hambatan gulir yang rendah, maka ban bisa melaju lebih jauh tanpa dorongan dari mesin.

Tidak perlu pusing untuk mencari ban dengan gulir rendah. Pasalnya, sekarang sudah banyak pabrikan memproduksi ban dengan teknologi gulir rendah.

2) Perhatikan tekanan angin ban

Selanjutnya yang tidak kalah penting yakni memperhatikan tekanan tekanan pada ban. Hal ini tidak boleh terlewatkan oleh para pemilik kendaraan.

Dengan tekanan ban yang rendah atau “kurang angin”, maka secara otomatis tapak ban yang bersentuhan dengan aspal makin besar. Efeknya, ban yang bergulir menjadi lebih berat dan dapat menguras konsumsi BBM.

3) Gaya berkendara

Langkah selanjutnya yakni memerhatikan gaya berkendara. Gaya berkendara ugal-ugalan atau kebut-kebutan justru akan menguras konsumsi BBM kendaraan.

Sebaiknya, para pengendara menarik gas sesuai kebutuhan. Jika jalanan lurus dan sepi sebaiknya hasrat untuk menarik gas lebih dalam harus dihindari.

4) Perawatan dan gunakan BBM berkualitas

Cara terakhir yakni dengan melakukan perawatan rutin dan memberikan bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas.

Perawatan yang paling sederhana yakni dengan melakukan servis rutin setiap bulan agar dapat memastikan seluruh komponen kendaraan dapat berjalan maksimal.

Yang tidak kalah penting adalah menggunakan BBM berkualitas dan beroktan tinggi seperti Pertamax.

Meskipun dari segi harga lebih mahal, menurut Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan Pertamax justru bisa membuat pengeluaran masyarakat jadi lebih hemat.

Menurut Mamit, hal itu terjadi karena Pertamax memberikan jarak tempuh yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan BBM jenis lainnya.

“Ini saya bandingkan, saya punya dua motor. Satu pakai Premium, satu lagi pakai Pertamax. Setelah saya coba ke kantor motor memakai Premium habis 2 liter pulang-pergi, tapi yang Pertamax lebih lama mengisi BBM lagi,” kata Mamit pada Jumat, (20/2/2021) lalu.

Tidak hanya itu, BBM yang memiliki nilai oktan 92 ini juga membuat pembakaran pada mesin kendaraan menjadi lebih maksimal. Efeknya, tarikan mesin menjadi lebih halus dan bertenaga.

Melihat beragam kelebihan tersebut, yuk beralih ke Pertamax agar konsumsi BBM kamu menjadi jauh lebih hemat.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas