Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Baterai Kendaraan Listrik Keluaran Mahle Powertrain Mampu Lakukan Pengisian Hanya dalam 90 Detik

Baterai Mahle menggunakan anoda jenis baterai tingkat tinggi dan katoda gaya kapasitor lapisan ganda listrik (EDLC) berkapasitas tinggi

Baterai Kendaraan Listrik Keluaran Mahle Powertrain Mampu Lakukan Pengisian Hanya dalam 90 Detik
Paultan
Ilustrasi motor dan mobil listrik 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Perusahaan teknik otomotif asal Jerman, Mahle Powertrain, bekerja sama dengan Allotrope Energy memciptakan baterai kendaraan listrik yang mampu diisi penuh hanya dalam kurun waktu 90 detik.

Menggabungkan kapasitor super dan baterai lithium-ion tradisional, Mahle merinci paket baterai lithium-karbon yang dapat diisi ulang pada 20 kW hanya dalam 90 detik, menduplikasi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar sepeda motor atau skuter bermesin pembakaran internal.

Mahle Powertrain Mike Basset, mengatakan dengan pengisian daya ultra-cepat, ukuran baterai dapat dioptimalkan agar sesuai dengan skenario penggunaan kendaraan dan itu tidak hanya mengarah pada penghematan berat, tetapi juga pengurangan biaya yang semakin menurunkan hambatan dekarbonisasi.

Baca juga: Tinjau Pameran Modifikasi Sepeda Motor di Bali, Bamsoet Dukung Industri Modifikasi Kendaraan Listrik

"Baterai sepenuhnya dapat didaur ulang dan tidak menggunakan logam tanah jarang, sedangkan katoda bergaya kapasitor memungkinkan masa pakai lebih dari 100.000 siklus pengisian ulang," ungkap Basset dikutip dari Paultan, Selasa (28/9/2021).

Baterai Mahle menggunakan anoda jenis baterai tingkat tinggi dan katoda gaya kapasitor lapisan ganda listrik (EDLC) berkapasitas tinggi, dipisahkan oleh elektrolit organik.

Baterai diklaim akan tetap stabil pada suhu tinggi tanpa bahaya pelarian termal, menghilangkan kebutuhan akan pendinginan eksternal yang rumit atau sistem manajemen baterai yang rumit.

Baca juga: Pertamina Rosneft Gandeng PLN Dalam Penyediaan Listrik Pada Pembangunan Kilang GRR Tuban

Paket baterai yang dibuat ini ditujukan untuk e-bike perkotaan yang biasanya digunakan untuk perjalanan singkat atau perjalanan point to point di pusat kota, seperti layanan pesan antar makanan dengan jarak tempuh 25 km atau kurang.

Biasanya, baterai lithium-ion konvensional 500 Wh akan memerlukan pengisian ulang pada pertengahan shift yang bahkan dengan pengisi daya cepat akan memakan waktu lebih dari 30 menit.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas