Tribun Otomotif

Risiko Beli Bensin Eceran, Injektor Bahan Bakar Bisa Macet

Motor injeksi tidak disarankan untuk menggunakan bensin yang dibeli secara eceran atau tidak dibeli di SPBU resmi.

Editor: Choirul Arifin
Risiko Beli Bensin Eceran, Injektor Bahan Bakar Bisa Macet
Gridoto/Uje
Kuras bensin di tangki bahan bakar motor. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Ternyata ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan macetnya injektor bahan bakar pada sepeda motor. Diantaranya karena kebiasaan membeli bensin eceran.

Motor injeksi tidak disarankan untuk menggunakan bensin yang dibeli secara eceran atau tidak dibeli di SPBU resmi.

Pasalnya, bensin yang dijual eceran atau bukan di SPBU resmi umumnya diletakan diwadah yang tidak terjamin kebersihannya.

"Selama ini saya temukan motor dengan kondisi injektor yang mampet akibat kotoran yang tertumpuk di lubang injektor," bilang Emanuel Albert owner Jaya Motor di Jl. H. Taip, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca juga: Injektor Motor Perlu Dibersihkan Agar Terhindar dari Risiko Berkerak

"Setelah saya tanya, beberapa mengakui kalau mereka sering mengisi bensin secara eceran, ya mungkin karena faktor motornya ada yang jauh dari pom juga atau hanya dipakai dekat-dekat sehingga jarang ketemu pom," tambah Albert sapaan akrabnya.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Helm dan Kegunaannnya, dari Full Face Sampai untuk Medan Offroad

Kondisi injektor yang mampet ini bisa bikin tarikan mesin tersendat karena bensin yang masuk ke ruang bakar jadi terganggu.

"Motor seperti telat gas atau tarikannya jadi terasa berat sejak gas dibuka," lanjutnya lagi.

Baca juga: Tips Sunmori dengan Tunggangan Motor Matik

"Tapi selain karena sering isi bensin eceran, ada beberapa penyebab lain. Seperti motor jarang dipakai tapi kondisi bensin di tangki itu masih cukup banyak," tambahnya.

"Efeknya bensin itu bisa basi dan menyumbat injektor karena biasanya bakal menggumpal. Makanya kalau motor tidak dipakai lama baiknya dikuras saja tangkinya," tegasnya.

Sementara penyebab lain yang sering bikin injektor tersumbat adalah air yang masuk ke tangki sehingga mengakibatkan kerak-kerak karat dari tangki.

"Makanya tangki juga sebetulnya disarankan untuk dikuras berkala, karena air yang terperangkap di tangki memang sering tidak disadari oleh pemiliknya," tutup Albert.

Sekarang sudah tahu ya, beberapa penyebab injektor jadi mampet.

Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas