Tribun Otomotif

Mendeteksi Gejala Rem Gampang Mengunci di Sepeda Motor, Ini Penyebab dan Cara Penanganannya

Anda bisa jadi pernah mengalami fungsi rem di sepeda motor mendadak jadi mudah mengunci sendiri setelah Anda mengganti dengan kampas rem baru.

Editor: Choirul Arifin
Mendeteksi Gejala Rem Gampang Mengunci di Sepeda Motor, Ini Penyebab dan Cara Penanganannya
Tribunnews/fin
Rem cakram di motor matik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anda bisa jadi pernah mengalami fungsi rem di sepeda motor mendadak jadi mudah mengunci sendiri setelah Anda mengganti dengan kampas rem baru.

Gejala aneh ini kerap dikeluhkan pemilik motor namun mereka belum menemukan apa penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Menurut Iwan Nurhadi dari bengkel Iwan Motor di Jl. Pegangsaan Dua Raya, Jakarta Utara, umumnya hal ini menimpa pengguna yang ganti kampas rem dengan merek non-ori.

"Karena di pasaran itu banyak kampas rem aftermarket di mana harganya murah atau yang ori lagi tidak ready," buka Iwan.

"Secara bentuk memang kampas rem aftermarket pasti mengikuti yang ori, tinggal peruntukannya untuk motor tipe apa yang berbeda-beda," terangnya.

"Tapi biarpun bentuk sama biasanya ada beda di ketebalan kampasnya, ini yang sering jadi masalah ketika pasang kampas rem aftermarket," lanjutnya lagi.

Masih menurut Iwan, kampas rem aftermarket ini banyak yang punya dimensi lebih tebal dari kampas standar bawaan motor.

"Efeknya kalau dipasang itu sering terlalu rapat dengan piringan, apalagi kalau piringan masih baru dan cukup tebal," tambahnya.

"Itu yang bikin saat dipakai mengerem, rem terasa mengunci. Kecepatan motor juga masih terasa terhambat meskipun rem sudah dilepas karena kampas yang masih bergesekan," ujar Iwan.

Menurutnya cara ini bisa diakali dengan cara memapas sedikit area kampas rem yang kelewat tebal itu dengan cara digerinda.

"Tidak usah terlalu banyak, biasanya digerinda bagian ujung-ujungnya saja dan dilakukan di kedua sisi kampas rem," tegasnya.

"Jadi memang disarankan usai pasang kampas rem, pakai sebentar dulu dan cek kembali. Selain agar kampasnya beradaptasi, kalau ada masalah seperti ini juga bisa langsung ditangani," tutup Iwan.(uje/Gridoto)

Artikel ini tayang di Gridoto dengan judul Rem Gampang Mengunci Setelah Ganti Kampas Rem, Ini Penyebab dan Solusinya

Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas