Tribun Otomotif

Gojek Siapkan Layanan GoRide Pakai Motor Listrik di Jakarta

Pengguna layanan Gojek, nantinya dapat memilih penggunaan kendaraan pada layanan GoRide. Pengguna dapat memilih GoRide listrik untuk setiap perjalanan

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Gojek Siapkan Layanan GoRide Pakai Motor Listrik di Jakarta
Tribun Images
Gojek Siapkan Layanan GoRide Pakai Motor Listrik di Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus melakukan percepatan untuk ekosistem kendaraan ramah lingkungan, dengan mendorong penggunaan sepeda motor dan mobil berbasis listrik.

Beberapa lalu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginginkan, para produsen otomotif dapat membangun ekosistem mobil ramah lingkungan yang rendah emisi.

"Kami mendorong para produsen untuk memproduksi mobil listrik, hybrid agar dapat terciptanya ekosistem ramah lingkungan di industri otomotif," ucap Presiden Jokowi.

Menanggapi hal tersebut penyedia jasa transportasi online, Gojek memperluas memanfaatkan kendaraan listrik untuk operasional GoRide di Jakarta.

Gojek bekerjasama dengan Pertamina untuk penerapan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro. Gojek menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan.

Baca juga: Gojek dan TBS Energi Siapkan Fasilitas Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Driver Ojol

Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba komersial kendaraan listrik untuk membangun ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

"Hal ini juga menjadi salah satu komitmen sustainability kami untuk meraih target karbon netral melalui transisi ke kendaraan listrik di ekosistem Gojek pada 2030," kata Kevin.

CoFounder & CEO Gojek Kevin Aluwi (kedua kiri) bersama Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk Pandu Patria Sjahrir (kedua kanan) berbincang usai menandatangani komitmen kerja sama dalam membentuk usaha patungan atau Joint Venture (JV) bernama Electrum, di Jakarta pada Kamis (18/11/2021). JV teknologi pertama di sektor kendaraan listrik di Indonesia menjadi langkah nyata Gojek dan TBS mewujudkan Nol Emisi Karbon 2030, sekaligus juga mendukung rencana Pemerintah Indonesia menjadikan pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
CoFounder & CEO Gojek Kevin Aluwi (kedua kiri) bersama Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk Pandu Patria Sjahrir (kedua kanan) berbincang usai menandatangani komitmen kerja sama dalam membentuk usaha patungan atau Joint Venture (JV) bernama Electrum, di Jakarta pada Kamis (18/11/2021). JV teknologi pertama di sektor kendaraan listrik di Indonesia menjadi langkah nyata Gojek dan TBS mewujudkan Nol Emisi Karbon 2030, sekaligus juga mendukung rencana Pemerintah Indonesia menjadikan pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pengguna layanan Gojek, nantinya dapat memilih penggunaan kendaraan pada layanan GoRide. Pengguna dapat memilih GoRide listrik untuk setiap perjalanannya.

Selanjutnya akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5 ribu unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan motor listrik sebanyak 1 juta kilometer di dalam platform Gojek.

Baca juga: Gojek dan TBS Energi Siapkan Fasilitas Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Driver Ojol

Dalam uji coba komersial tersebut, lanjut Kevin, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih motor listrik pada saat menggunakan layanan GoRide dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

Sementara, mitra driver yang menggunakan kendaraan listrik akan terus dapat menjadi bagian dari layanan Gojek lainnya seperti GoFood, GoSend Instant, GoShop dan GoMart.

Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas