Tribun Otomotif

Cara Mendeteksi Rem Motor yang Mulai Masuk Angin

Para pemilik sepeda motor perlu memahami ciri-ciri rem motor yang mulai masuk angin yang biasanya ditemukan pada rem berjenis cakram.

Editor: Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pemilik sepeda motor perlu memahami ciri-ciri rem motor yang mulai masuk angin yang biasanya ditemukan pada rem berjenis cakram.

Masalah rem masuk angin ini umum ditemukan di rem cakram yang menggunakan sistem hidrolik. Tapi terkadang banyak bikers yang tidak sadar gejala dari rem yang mulai masuk angin.

"Ciri-ciri rem yang masuk angin ini sebetulnya mudah dideteksinya, yakni ketika tuas rem ditekan atau diinjak awalnya terasa lebih enteng dari biasa," ucap Rudi Kurniawan dari Rudi Motor di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Tapi kalau kita tekan terus, bukannya motor berhenti tapi hanya terasa kerasnya saja," terangnya lagi.

Kalau rem masuk angini, pengguna harus terus mengocok tuas atau pedal rem tersebut sampai rem bisa berfungsi normal lagi.

Baca juga: Cara Mengecek Endapan Oli Mesin di Sepeda Motor

"Jadi akibat ada udara yang terpereangkap itu kita harus kocok rem supaya normal, kondisi ini tentu bisa berbahaya kalau kita sedang di kecepatan tinggi dan butuh pengereman," wantinya.

Baca juga: Cara Membaca Kode Angka di Dinding Ban Sepeda Motor

"Salah satu penyebab rem bisa masuk angin ini bisa akibat minyak rem yang sudah jelek lalu mendidih dan keluar buih uap air, ini bisa bikin rem masuk angin," tegas Rudi.

"Bisa juga saat bleeding dia kurang pas sehingga ada angin yang terperangkap kita sudah kencangkan bautnya, makanya saat ganti minyak rem harus teliti daripada celaka," ujarnya.

Artikel ini tayangdi GridOto dengan judul Jarang Disadari Bikers, Ini Ciri Rem Motor yang Mulai Masuk Angin 

Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas