Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pejuang Jalanan, Ini 5 Pertanda Gir dan Rantai Motor Minta Diganti

Agar tidak salah dalam menentukan kapan gir dan rantai sepeda motor kamu harus diganti, berikut ini adalah tanda-tandanya.

BizzInsight
zoom-in Pejuang Jalanan, Ini 5 Pertanda Gir dan Rantai Motor Minta Diganti
Shutterstock
Ilustrasi Gear dan Rantai Motor. 

TRIBUNNEWS.COM - Meski begitu, rantai dan gir motor terkadang luput dari perhatian perawatan. Khususnya, bagi pengendara motor yang kerap beraktivitas di jalanan, seperti pengemudi ojek, distributor, kurir, hingga pengemudi layanan pesan antar makanan.

Melansir Kompas, perawatan rantai dan gir secara berkala sangatlah penting, misalnya harus rajin dilumasi sehingga tidak kering dan awet.  

Nah, agar tidak salah dalam menentukan kapan komponen ini harus diganti, berikut ini adalah tanda-tandanya.

1) Rantai sulit disetel

Sebagai informasi, rantai harus memiliki jarak renggang sekitar 10 hingga dengan 20 mm. Nah, bila kondisi ini tidak dipenuhi, maka bisa jadi akan membahayakan pengguna motor dan merusak mesin motor. 

2) Permukaan rantai dan gir sudah aus

Alhasil, bagian rantai dan gir tidak bisa menyatu dan berfungsi optimal sebagai penggerak roda. Maka dari itu, ketika rantai dan gir sudah aus, sebaiknya pengendara segera menggantinya dengan yang baru.

BERITA TERKAIT

3) Rantai motor sudah berisik

Maka dari itu, segera lakukan pengecekan dan jangan terlambat untuk melakukan penggantian rantai jika sudah mengeluarkan suara bising yang tidak wajar. 

4) Rantai mulai mengendur atau merenggang

Apabila pengendara mengalami kondisi berikut, kemungkinan masalah terjadi pada rantai yang sudah tidak bisa digunakan. Maka dari itu, segera lakukan penggantian rantai untuk menghindari kondisi berbahaya dari tersendatnya laju motor. 

Jika terdapat masalah, para pengguna motor bisa melakukan penggantian gir dan rantai dengan mudah dan praktis di Mobil™ POM Mikro terdekat.

Tak hanya melayani pengisian bahan bakar BBM RON 92 berkualitas, Mobil™ POM Mikro juga memberikan layanan terbaik untuk perawatan motor para pejuang jalanan, seperti ganti oli, ganti ban, dan ganti .

Oli Mobil™ adalah oli motor terbaik yang bekerja tidak hanya melindungi mesin, tetapi juga menjaga performa tinggi sepanjang usia mesin. Melalui rangkaian oli motor yang menggunakan teknologi sintetik, apa pun jenis sepeda motornya, Oli Mobil™ akan selalu setia menyuguhkan performa terbaik.

 Informasi lebih lanjut mengenai Mobil™ POM Mikro Anda bisa mengunjungi link ini.

Penulis: M. Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan         

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas