Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

10 Mobil Ini Tidak Laku Dijual di Indonesia, Tengok Daftarnya

Lalu ada Toyota C-HR Hybrid yang hanya terjual 7 unit, Toyota Sienta dan Mazda 6 Elite Estate terjual 8 unit, serta DFSK Gelora 9 unit.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 10 Mobil Ini Tidak Laku Dijual di Indonesia, Tengok Daftarnya
dok.
Ilustrasi: Pameran IIMS Hybrid pada 15-25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada awal 2022, Mitsubishi Xpander menjadi mobil terlaris dengan terjual sebanyak 5.282 unit sepanjang Januari, diikuti oleh Daihatsu Sigra yang membukukan penjualan sebesar 5.130 unit.

Di tengah meningkatnya penjualan mobil di awal tahun secara wholesales atau dari pabrik ke delaer yang mencapai angka 84.062 unit, nyatanya ada deretan mobil-mobil yang kurang laku. Bahkan ada yang tidak terjual sama sekali sejak beberapa bulan terakhir.

Compact crossover SUV Mazda CX-30 sebagai line up terbaru di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1/2020).
Compact crossover SUV Mazda CX-30 sebagai line up terbaru di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI)

Mobil yang kurang laku pertama ialah Mitsubishi Eclipse Cross. Berbeda dengan Xpander yang semakin diminati oleh pelanggan Tanah Air, penjualan SUV Eclipse Cross malah nol sejak Juli 2021 hingga Januari 2022 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Baca juga: Ini Alasan Toyota All New Voxy Pakai Mesin Baru dan Toyota Safety Sense 3.0

Selanjutnya, ada mobil-mobil dari beberapa merek yang hanya terjual satu unit sepanjang Januari 2022, diantaranya Mazda CX-30, Nissan Leaf, Tata Super Ace dan Isuzu MU-X.

Kemudian, ada mobil-mobil yang hanya terjual 2 unit selama Januari tahun ini, seperti Volkswagen Polo. Sedangkan Mazda CX-9 dan Mazda 3 hanya terjual sebanyak 3 unit.

Sales Promotion Girl (SPG) berpose dengan mobil listrik Nissan Leaf dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). Tribunnews/Jeprima
Sales Promotion Girl (SPG) berpose dengan mobil listrik Nissan Leaf dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Mobil canggih buatan DFSK pun, Glory I-Auto belum berhasil menarik minat konsumen Indonesia, dimana hanya berhasil terjual sebanyak 4 unit sepanjang Januari.

Baca juga: Honda Berjuang Pertahankan Pangsa Pasar di Tengah Kelangkaan Pasokan Semikonduktor

BERITA TERKAIT

Lalu ada Toyota C-HR Hybrid yang hanya terjual 7 unit, Toyota Sienta dan Mazda 6 Elite Estate terjual 8 unit, serta DFSK Gelora 9 unit.

Mitsubishi Eclipse Cross saat diuji coba di segala medan wilayah Jawa Timur
Mitsubishi Eclipse Cross saat diuji coba di segala medan wilayah Jawa Timur (ist)

Berikut mobil-mobil yang kurang diminati pasar Tanah Air pada Januari 2022:

Mitsubishi Eclipse Cross : 0 unit
Mazda CX-30 : 1 unit
Nissan Leaf : 1 unit
Tata Super Ace : 1 unit
Isuzu MU-X : 1 Unit
VW Polo : 2 unit
Mazda CX-9 : 3 unit
Mazda 3 : 3 unit
DFSK Glory I-Auto : 4 unit
Toyota C-HR Hybrid : 7 unit
Toyota Sienta : 8 unit
Mazda 6 Elite Estate : 8 unit
DFSK Gelora : 9 unit

All New Isuzu MU-X
All New Isuzu MU-X (ist)

Sebagai informasi, kebanyakan dari mobil-mobil yang kurang diminati ini merupakan impor dari luar negeri, kecuali DFSK Glory I-Auto, Toyota Sienta dan DFSK Gelora yang sudah diproduksi di Indonesia.

DFSK Gelora E pada gelaran IIMS Hybrid 2021 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (17/4/2021).
DFSK Gelora E pada gelaran IIMS Hybrid 2021 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (17/4/2021). (Tribunnews.com/Hari Darmawan)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas