Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

MPMX Latih Pekerja Sektor Informal Skill Mengemudi di Semarang

Program ini merekrut pengangguran, komunitas pengemudi non-profesional dan pekerja sektor informal mengikuti program pelatihan mengemudi profesional.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in MPMX Latih Pekerja Sektor Informal Skill Mengemudi di Semarang
Handout
Pelatihan Life Skill Training Center MPMX. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menggelar kelas pelatihan Life Skill Training Center: Kelas Mengemudi Profesional di Semarang, Jawa Tengah.

Melibatkan MPMRent, anak usahanya yang bergerak di bidang jasa transportasi dan penyewaan mobil khusus korporasi, program ini merekrut pengangguran, komunitas pengemudi non-profesional dan pekerja sektor informal mengikuti program pelatihan mengemudi profesional.

Dari 190 orang yang mendaftarkan, terpilih 25 orang peserta setelah melalui proses screening ketat dan interview online.

Pembatasan jumlah peserta juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam mematuhi standar prokes Covid-19 selama kegiatan. 

GM Corporate Communication and Sustainability MPMX Natalia Lusnita, menjelaskan peserta akan mendapatkan ilmu soft skill dan hard skill mengemudi profesional sesuai standar MPMRent.

Baca juga: Sopir Truk Kontainer Meninggal Mendadak Saat Mengemudi di Semarang Utara

"Materi soft skill terdiri dari personality development, service excellence sesuai standar MPMRent, etika dan keamanan mengemudi, dan tips mengemudi saat mengalami situasi darurat," tutur Natalia, Senin (28/3/2022).

BERITA TERKAIT

Sedangkan materi hard skill mencakup pengenalan kendaraan dan penguasaan kemudi, pola berkendara yang baik dan defensive driving.

Baca juga: Menhub: Kelalaian Pengemudi Turut Jadi Faktor Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya

Mereka juga mendapatkan materi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) seperti penanganan korban patah tulang atau tidak sadarkan diri dalam kecelakaan termasuk tentang teknik dan proses CPR.

Kelas Mengemudi Profesional ini digelar pada 21-25 Maret 2022 berupa Life Skill Training Center (LSTC) dan merupakan program CSR unggulan MPMX yang berfokus kepada creating shared value untuk menjembatani antara kebutuhan dan bidang expertise bisnis perusahaan dengan isu sosial di masyarakat.

Baca juga: Diduga Gara-gara Sopir Ngantuk, Pengemudi Mitsubishi Xpander Tabrak 7 Ojek Online di Bekasi

Selama tahun 2015-2019 MPMX melalui anak-anak usahanya telah memberikan pelatihan SDM untuk menjadi tenaga mekanik profesional roda dua maupun roda empat agar dapat bekerja di jaringan bengkel resmi atau mendirikan usaha bengkel sendiri.

Sejak 2021, bersama dengan entitas anak MPMRent, program pelatihan LSTC menyasar mereka yang ter-PHK akibat pandemi Covid-19, pekerja sektor informal, juga komunitas pengemudi non-profesional yang selama ini belum pernah mendapatkan pelatihan teknik berkendara yang benar dan aman.

Baca juga: Pemotor Perempuan Masuk Tol di Surabaya, Ditegur Pengemudi Lainnya Responsnya Justru Begini

Para peserta pelatihan LSTC ini akan langsung menjadi mitra pengemudi MPMRent di operasional kantor cabang MPMRent Semarang di Jl. Kaligawe Raya No.208A.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas