Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Daimler Luncurkan Versi Terbaru Sasis Bus Mercedes-Benz OC 500 RF dan LE

Kamis lalu Daimler mengumumkan kabar menarik tentang versi terbaru sasis bus premium Mercedes-Benz OC 500 yang diperbarui.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Daimler Luncurkan Versi Terbaru Sasis Bus Mercedes-Benz OC 500 RF dan LE
Auto Centre
Sasis bus Mercedes-Benz OC 500 terbaru. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kamis lalu Daimler mengumumkan kabar menarik tentang versi terbaru sasis bus premium Mercedes-Benz OC 500 yang diperbarui.

Daimler menyatakan, sasis baru ini telah memenuhi standar emisi Euro 6E, memiliki tingkat keamanan tinggi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari versi terdahulu.

Sasis Mercedes-Benz OC 500 ditawarkan dalam dua versi, yakni RF (Raised Floor) dan LE (Law Entry) untuk bus kota.

Semua varian ini telah dilengkapi sistem bantuan pengereman ABA 5 (Active Brake Assist) generasi kelima, yang menggunakan radar, secara otomatis mengerem jika ada ancaman tabrakan atau tabrakan, hingga berhenti total.

Baca juga: Pertama di Lintas Sumbar-Jakarta, PO Pangeran Siap Luncurkan Bus AKAP Bersasis Mercy OF 917

Pada model RF, sistem kendali jelajah adaptif ACC juga tersedia, yang mempertahankan kecepatan yang disetel ke kendaraan di depan.

Sasis ini juga memiliki fitur Stop-and-Go dan Stop Assist, yang memperluas jangkauan kecepatan ACC, yang sangat berguna saat berkendara dalam toffee.

Baca juga: Armada Terbaru PO Trans Agung Mulia Gunakan Sasis Hino RN 285 dengan Bodi Legacy SR2 HD Prime

BERITA TERKAIT

Sistem ini hanya bekerja dengan girboks 8-percepatan MB GO 250-8 PowerShift yang sepenuhnya otomatis.

Daimler juga telah menyematkan sistem keselamatan aktif lainnya seperti Sideguard Assist, yang menggunakan radar untuk memindai titik-titik buta, khususnya saat berbelok ke kanan, dan jika pejalan kaki atau pengendara sepeda terdeteksi, ini memberikan sinyal visual dan sentuhan (melalui kursi) kepada pengemudi.

Baca juga: Bus Mercedes-Benz Euro 4 Akan Diluncurkan Tahun Depan, Apa Kabar Versi Listriknya?

Sasis baru ini juga membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dengan sistem Kontrol Powertrain Prediktif serta kontrol jelajah prediktif, yang menyesuaikan pengoperasian transmisi otomatis dengan topografi spesifik area tersebut, termasuk menggunakan fungsi peluncuran EcoRoll

Selain itu, sistem kontrol cerdas untuk elektronik dan listrik on-board berkontribusi pada efisiensi. Ini, misalnya, mengisi ulang baterai dalam mode pemulihan, sistem pengukuran tekanan di setiap ban.

Baca juga: Karoseri Laksana Kenalkan Versi Facelift Legacy SR-2 Single Glass dengan Sasis Anyar Hino RN8J

Sasis Mercedes-Benz OC 500 RF ditawarkan dalam versi dua dan tiga gandar dengan pilihan mesin turbodiesel OM 936 dan OM 470 dengan tenaga mulai dari 299 hingga 456 hp.

Untuk pilihan gearbox-nya tersedia versi manual MB GO 190 dan versi otomatis MB 250-8 PowerShift atau ZF Ecolife 2 dengan konverter torsi.

Baca juga: Gagah Banget, Bus Terbaru Indorent Bertipe Double Decker degan Sasis Volvo B11R

Khusus sasis Mercedes-Benz OC 500 LE, hanya tersedia dalam versi mesin OM 936 (299 - 354 hp), dengan transmisi PowerShift otomatis.

Di Indonesia, sasis Mercedes-Benz OC 500 RF digunakan secara luas oleh perusahaan otobus antarkota dan beberapa operator bus pariwisata.

Sasis ini juga digunakan di bus kota, sebagai armada Transjakarta busway.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas