Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

H-10 dan 9 Lebaran, Volume Kendaraan Keluar Jakarta Mulai Melonjak

Sejak H-10 sampai dengan H-9 Hari Raya Idul Fitri 1443 H (periode 22-23 April 2022) terjadi lonjakan arus kendaraan meninggalkan Jakarta.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in H-10 dan 9 Lebaran, Volume Kendaraan Keluar Jakarta Mulai Melonjak
dok. JM
Gerbang Tol Kalikangkung di ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejak H-10 sampai dengan H-9 Hari Raya Idul Fitri 1443 H (periode 22-23 April 2022) terjadi lonjakan arus kendaraan meninggalkan Jakarta.

Di periode tersebut, sebanyak 169.605 kendaraan telah meninggalkan Jakarta ke berbagai daerah menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah ini.

Angka tersebut meningkat 10,81 persen dibandingkan volume lalu lintas transaksi new normal (November 2021) yaitu 153.053 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk lalu lintas yang terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT) rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Gerbang Tol Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo
    Ada peningkatan volume lalu lintas transaksi di Gerbang Tol Cengkareng sebesar 8,7 persen atau terealisasi 131.815 kendaraan dibanding dari lalu lintas new normal sebesar 121.242 kendaraan.
  • Gerbang Tol Benda Utama 2 Jalan Tol Kunciran-Cengkareng
    Ada eningkatan volume lalu lintas transaksi di Gerbang Tol Benda Utama 2 sebesar 18,79 persen atau terealisasi 37.790 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi new normal sebesar 31.811 kendaraan.

Jasamarga Metropolitan Tollroad menyatakan, sebanyak 66.584 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Sumedang, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi.

Volume lalu lintas transaksi tersebut meningkat 3,01 persen dari lalin new normal yaitu sebesar 64.637 kendaraan.

Baca juga: Ini 23 Gerbang Tol yang Berpotensi Jadi Biang Kemacetan saat Arus Mudik Lebaran 2022

BERITA REKOMENDASI

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju ke Bandung melalui Gerbang Tol Cileunyi tercatat 59.315 kendaraan atau meningkat 7,21 persen dibandingkan saat lalu lintas new normal sebesar 55.324 kendaraan.

Baca juga: Ganjil Genap di Gerbang Tol Bandung Ditiadakan Mulai Akhir Pekan Ini

Masyarakat dihimbau agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

Baca juga: Kisah Ibu dan Anak Tertinggal Bus Program Mudik Gratis Polda Metro Jaya

Warga yang akan mudik juga disarankan hanya menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas