Tribun Otomotif

Tekan Emisi Karbon, Chandra Asri Operasikan Bus Listrik Produk Dalam Negeri

Chandra Asri membeli dan mengoperasikan dua unit bus listrik bikinan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tekan Emisi Karbon, Chandra Asri Operasikan Bus Listrik Produk Dalam Negeri
dok.
Chandra Asri membeli dan mengoperasikan dua unit bus listrik bikinan PT Mobil Anak Bangsa (MAB).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) membeli dua unit bus listrik keluaran PT Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk dioperasikan sebagai armada angkutan karyawan perusahaan sekaligus demi mengurangi emisi karbon dan mendukung industri kendaraan listrik di dalam negeri. 

Direktur Human Resources and Corporate Affairs Chandra Asri Suryandi mengatakan, perseroan mendukung upaya pemerintah mewujudkan target mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen pada 2030, sekaligus mempercepat penggunaan kendaraan listrik dalam negeri. 

"Pengoperasian bus listrik dari MAB ini juga merupakan investasi bagi perseroan karena dapat memberikan efisiensi dari segi biaya operasional," kata Suryandi dalam keterangannya, Senin (8/8/2022). 

Ia menyebut, program ini juga merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan Chandra Asri, di mana sebelumnya telah mengoperasikan 53 unit E-Forklift dan memanfaatkan panel surya sebagai pasokan alternatif listrik di warehouse untuk mengurangi emisi karbon di operasional perusahaan. 

Direktur Utama MAB Kelik Irwantono menyampaikan, pembelian dua unit bus listrik MAB hasil karya bangsa Indonesia ini merupakan bentuk dukungan Chandra Asri terhadap hasil karya bangsa sendiri sekaligus kontribusi perseroan terhadap pengurangan emisi karbon. 

Baca juga: Teknologi Karya Digital Nusa Hadirkan Perangkat IoT TAM Fleet di Bus Listrik MAB

"MAB akan terus berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik, termasuk menghasilkan produk kendaraan listrik yang berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan," ujarnya. 

Bus yang beli Chandra Asri yaitu bus listrik tipe MD 12-E NF City yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan.

Baca juga: Lorena Transport Mulai Memasuki Era Bus Listrik

Kendaraan ini memiliki daya tempuh hingga 250 kilometer per sekali pengisian daya dan tidak memiliki emisi gas buang langsung, sehingga lebih ramah lingkungan.

Penggunaan dua armada Bus Listrik ini dapat memotong konsumsi solar hingga 13.776 liter per tahun sehingga mereduksi emisi hingga 2.070 metrik kg karbon 
dioksida (CO2e). 

Dengan mengoperasikan Bus Listrik dari MAB ini, Chandra Asri dapat memangkas 25,1 metrik kg karbon monoksida (CO), dan menghilangkan keluaran limbah B3 berupa oli bekas.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas