Tribun Otomotif

Fitur Cruise Control Bisa Bikin Irit Bahan Bakar? Begini Triknya

Fungsi utama fitur Cruise Control adalah bisa melajukan mobil dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Fitur Cruise Control Bisa Bikin Irit Bahan Bakar? Begini Triknya
Thinkstock
Ilustrasi berkendara. Menghemat pemakaian Bahan Bakar Minyak alias BBM menjadi cara yang dilakukan para pemilik mobil untuk menekan pengeluaran, triknya tentu dengan memaksimalkan berbagai fitur yang ada. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menghemat pemakaian Bahan Bakar Minyak alias BBM menjadi cara yang dilakukan para pemilik mobil untuk menekan pengeluaran, triknya tentu dengan memaksimalkan berbagai fitur yang ada.

Sebagai pabrikan kendaraan di Indonesia, Mitsubishi telah melengkapi mobil-mobil buatannya, terutama varian menengah dan teratas dengan fitur Cruise Control.

Fitur ini dapat membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi BBM yang sangat baik.

Baca juga: BPH Migas Sebut Kuota BBM Subsidi Berpotensi Habis Bulan Depan, Pertamina Pastikan Stok Aman

Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross telah dilengkapi dengan Cruise Control konvensional, sementara Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control

Perbedaannya adalah Adaptive Cruise Control dapat dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan Mitsubishi Pajero Sport.

Sebaliknya, Cruise Control yang ada di Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunannya.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar, menjelaskan untuk Cruise Control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa Timur dan yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, cruise control normal dan adaptive cruise control.

"Yang dipakai Xpander adalah Cruise Control normal, karena kelasnya Small MPV jadi tidak bisa taruh luxurious feature seperti Adaptif Cruise Control yang complicated. Cruise control standar, walau kecepatan bisa dilock, tapi driver awarenes harus tetap ada. Yang kedua, Adaptive Cruise Control, kita punya Pajero dengan fitur Adaptive Cruise Control dan pengeraman aktif. Mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya. Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium," ungkap Rifat.

Fungsi utama fitur Cruise Control adalah bisa melajukan mobil dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus, sehingga fitur ini dapat meringkankan kerja sopir, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Cruise Control bisa aktif pada kecepatan minimum 40 km/jam, sehingga kalau aktif di jalan yang padat dengan kendaraan bermotor lain akan membahayakan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal tekan tombol Cruise Control yang terletak di setir sebelah kanan.

Baca juga: Pengamat: Turunnya Harga Minyak Tidak Pernah Menurunkan Harga BBM

Ketika sudah dinyalakan, pada layar MID akan muncul logo Cruise Control, kemudian cukup dengan menekan tombol SET untuk mengaktifkannya.

Setelah itu mobil pun akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan. Misalnya pada kecepatan 80 km/jam dengan fitur Cruise Control, pengemudi cukup mengendarai mobil hingga 80 km/jam dan lalu mengaktifkan fitur tersebut.
 

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas