Tribun Otomotif

Fiat Berencana Luncurkan Dua SUV Baru dengan Nama Ikon 600 dan Multipla

Setelah sukses dengan mobil klasik Fiat 500, kini produsen mobil asal Italia itu berencana menghidupkan kembali nama ikonik l

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Fiat Berencana Luncurkan Dua SUV Baru dengan Nama Ikon 600 dan Multipla
IST
Ilustrasi mobil Fiat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, TORINO – Setelah sukses dengan mobil klasik Fiat 500, kini produsen mobil asal Italia itu berencana menghidupkan kembali nama ikonik lainnya seperti Fiat 600 dan Multipla.

Dilansir dari Autoevolution, perusahaan mengatakan bahwa hal itu bertujuan untuk menghadirkan lebih banyak model SUV ke pasar karena permintaan kendaraan jenis ini masih terus meningkat.

Oleh karena itu, Fiat pada musim gugur tahun depan dikabarkan ingin meluncurkan SUV kecil dengan panjang 4 meter dan tinggi 1,52 meter, dibuat berdasarkan platform CMP grup PSA yang akan memiliki penggerak bensin, hybrid, dan listrik.

Baca juga: Pakai Pengisian Daya Induktif, Baterai Mobil Listrik Fiat 500 Nggak Habis Dibuat Jalan

Model tersebut rencananya akan diproduksi di Polandia dan akan diberi nama Fiat Ikon 600, sementara untuk versi listriknya akan disebut Fiat Ikon 600e.

Selain Fiat Ikon 600, perusahaan juga akan memproduksi SUV menengah baru untuk menggantikan compact hatch Tipo dan SUV 500X, yang juga akan didasarkan pada platform CMP PSA.

Rencananya SUV menengah baru ini akan diberi nama Multipla dan akan dirakit di Turki. Namun, sumber lain mengatakan bahwa SUV ini akan diproduksi di Slovakia.

Tak sampai situ, pabrikan mobil juga berencana memproduksi penerus dari model impor lain dalam sejarahnya, yakni Fiat Punto. Adapun, orang Italia pada jaman dahulu juga memiliki model SUV kecil yang disebut Argo, yang hanya tersedia di Amerika Selatan.

Dengan menggunakan platform CMP yang sama, Fiat ingin mengembangkan model baru untuk diproduksi di Brasil dan ditawarkan ke pasar Amerika Selatan, sementara untuk pasar Eropa, model baru akan diproduksi di Serbia.

Model baru ini akan disebut Panda di Eropa dan tetap menggunakan nama Argo di Amerika Selatan. Nama Panda mungkin saja masih perlu diklarifikasi, karena itu bukan model kelas mini melainkan model kelas kecil, berukuran Peugeot 208 atau Opel Corsa.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas