Tribun Otomotif

Sinyal Hijau, Menkeu Segera Bahas Subsidi Motor Listrik Rp 6,5 Juta untuk 2023

Bukan hanya sepeda motor listrik, kabarnya subsidi untuk pembelian mobil listrik juga tengah dipertimbangkan oleh pemerintah.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sinyal Hijau, Menkeu Segera Bahas Subsidi Motor Listrik Rp 6,5 Juta untuk 2023
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi: Suasana pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022). Pameran sepeda motor ini diikuti oleh 25 merek, yang di dalamnya juga termasuk 14 merek sepeda motor listrik dari tanggal 2 November hingga 6 November 2022. IMOS 2022 juga didukung industri pendukung seperti ban, helm, aksesoris dan apparel, minyak pelumas, spareparts, dan berbagai perlengkapan otomotif lainnya. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemerintah sedang menyelesaikan skema subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik sebesar Rp 6,5 juta.

Bukan hanya sepeda motor listrik, kabarnya subsidi untuk pembelian mobil listrik juga tengah dipertimbangkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan jika kementerian keuangan mempunyai ruang fiskal untuk memberikan subsidi merupakan kabar yang cukup bagus untuk mendorong semakin banyaknya kendaraan listrik.

Baca juga: Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Motor Listrik Beredar di Jalanan Tahun 2030

"Kalau ada subsidi dari negara, kemudian Kementerian Keuangan mempunyai ruang fiskal untuk itu, ya Alhamdulillah. Karena kebijakan fiskal kan ada di Kemenkeu dan kami hanya mengusulkan," tutur Agus, Rabu (30/11/2022).

Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri dalam sebuah doorstop dengan Wartawan menyebut rencana tersebut memang tengah dibahas.

"Nanti akan dibahas dulu," tutur Sri Mulyani singkat, Kamis (1/12/2022).

Banyak pihak menilai dengan diberikannya subsidi untuk pembelian setiap kendaraan listrik akan cepat membentuk ekosistemnya di Indonesia.

Ini akan berdampak baik bagi upaya pemerintah untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas