Tribun Otomotif

Pemerintah Akan Siapkan Subsidi Rp6,5 Juta untuk Pembelian Motor Listrik, Berikut Pilihan Motornya

Bukan hanya sepeda motor listrik, kabarnya subsidi juga akan diberikan untuk pembelian mobil listrik.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pemerintah Akan Siapkan Subsidi Rp6,5 Juta untuk Pembelian Motor Listrik, Berikut Pilihan Motornya
IST
Ilustrasi motor listrik. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, menyampaikan pemerintah sedang menyelesaikan skema subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik sebesar Rp 6,5 juta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah kabarnya sedang mempersiapkan formula khusus untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Dalam sebuah acara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, menyampaikan pemerintah sedang menyelesaikan skema subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik sebesar Rp 6,5 juta.

Bukan hanya sepeda motor listrik, kabarnya subsidi juga akan diberikan untuk pembelian mobil listrik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri dalam sebuah wawancara dengan Wartawan menyebut rencana tersebut memang tengah dibahas.

Baca juga: Menteri Keuangan Sebut Subsidi Motor Listrik Rp 6,5 Juta akan Segera Dibahas

"Nanti akan dibahas dulu," tutur Sri Mulyani singkat, Kamis (1/12/2022).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan jika kementerian keuangan mempunyai ruang fiskal untuk memberikan subsidi merupakan kabar yang cukup bagus untuk mendorong semakin banyaknya kendaraan listrik.

"Kalau ada subsidi dari negara, kemudian Kementerian Keuangan mempunyai ruang fiskal untuk itu, ya Alhamdulillah. Karena kebijakan fiskal kan ada di Kemenkeu dan kami hanya mengusulkan," tutur Agus, Rabu (30/11/2022).

Sinyal positif ini tentu akan membuat semakin cepatnya target pemerintah untuk mengurangi emisi karbon yang berasal dari alat transportasi.

Nah, sebagai ancang-ancang jika nantinya subisidi tersebut diberikan, Tribunnews punya rekomendasi daftar motor listrik yang bisa dibeli di tahun depan.

Jika benar subsidi yang diberikan mencapai Rp 6,5 untuk setiap pembelian motor listrik, ada juga lho Tribunners unit dengan harga mulai Rp 11 jutaan. Berikut daftarnya:

1. ECGO-2

Dikenalkan oleh PT Green City Traffic (GCT) pada GIIAS 2019, sepeda motor listrik ini ditawarkan ke konsumen dengan harga sekitar Rp 11 jutaan.

Dengan desain serba kotak dan langsing, sepeda motor listrik ini sangat terjangkau karena memakai skema baterai sewa, dengan biaya Rp 95.000 untuk 30 hari/1.000 km.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas