Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tesla Tarik 360.000 Unit Lebih Mobilnya di AS, Regulator Temukan Masalah di Fitur Ini

Tesla Inc. menarik lebih dari 362.000 kendaraan di Amerika Serikat untuk memperbarui perangkat lunak Full Self-Driving (FSD) Beta.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tesla Tarik 360.000 Unit Lebih Mobilnya di AS, Regulator Temukan Masalah di Fitur Ini
dok. Tesla
Regulator Amerika Serikat mendapati sistem bantuan pengemudi di mobil Tesla tidak cukup mematuhi hukum keselamatan lalu lintas dan dapat menyebabkan kecelakaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Tesla Inc. menarik lebih dari 362.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) untuk memperbarui perangkat lunak Full Self-Driving (FSD) Beta.

Regulator AS mendapati sistem bantuan pengemudi di mobil Tesla tidak cukup mematuhi hukum keselamatan lalu lintas dan dapat menyebabkan kecelakaan.




Melansir dari Reuters, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) mengatakan perangkat lunak Tesla memungkinkan kendaraan untuk "melebihi batas kecepatan atau melakukan perjalanan melalui persimpangan dengan cara yang melanggar hukum atau tidak dapat diprediksi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan", Kamis (16/2/2023).

Tesla awalnya tidak setuju dengan analisis NHTSA, namun akhirnya perusahaan itu menyetujui permintaan regulator AS tersebut.

Tesla sebelumnya berselisih dengan NHTSA, yang memiliki sejumlah penyelidikan Tesla yang tertunda, karena masalah keselamatan dan tuntutan penarikan lainnya.

Tesla akan merilis pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) secara gratis. Produsen EV itu mengatakan tidak mengetahui adanya laporan cedera atau kematian yang mungkin terkait dengan masalah penarikan tersebut.

BERITA TERKAIT

Tesla mengatakan memiliki sekitar 18 klaim garansi.

Penarikan tersebut mencakup kendaraan Model S dan Model X 2016-2023, Model 3 2017-2023, dan kendaraan Model Y 2020-2023 yang dilengkapi dengan perangkat lunak FSD Beta atau menunggu instalasi.

Senator AS Ed Markey dan Richard Blumenthal, yang berasal dari Partai Demokrat, mengatakan penarikan itu "sudah lama tertunda". Keduanya menambahkan, "Tesla akhirnya harus berhenti melebih-lebihkan kemampuan sebenarnya dari kendaraannya."

Baca juga: Tesla Mulai Kirimkan EV Model 3 dan Model Y Pertama di Thailand

Penarikan ini terjadi kurang dari dua minggu sebelum Tesla's Investor Day
pada 1 Maret, di mana CEO Tesla Elon Musk diperkirakan akan mempromosikan kemampuan kecerdasan buatan produsen EV itu dan berencana memperluas jajaran kendaraannya.

Sementara fitur Autopilot Tesla membantu kemudi, akselerasi, dan pengereman untuk kendaraan lain dan pejalan kaki di jalurnya, perusahaan mengatakan FSD adalah sistem yang lebih canggih dan "dirancang untuk memberikan panduan yang lebih aktif dan mengemudi dengan bantuan" di bawah pengawasan aktif pengemudi.

Baca juga: Ikuti Langkah Tesla, Ford Tebar Diskon, Harga Mobil Mustang Mach-E Dipangkas Rp 88 Juta

Tahun lalu, Tesla menarik hampir 54.000 kendaraan di Amerika Serikat dengan perangkat lunak FSD Beta, yang memungkinkan beberapa model kendaraannya melakukan "penghentian bergulir" dan tidak berhenti total di beberapa persimpangan sehingga menimbulkan risiko keselamatan, kata NHTSA.

Sejak 2016, NHTSA telah membuka lebih dari tiga lusin investigasi yang melibatkan kecelakaan Tesla, di mana sistem bantuan pengemudi canggih diduga digunakan kendaraan yang terlibat kecelakaan dan sekitar 19 kematian dilaporkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas