Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Begini Cara Perusahaan Otomotif Berkontribusi Pada Pengurangan Pemanasan Global

Sebanyak 20.000 bibit mangrove ditanam di Muara Sungai Kali Terang, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Begini Cara Perusahaan Otomotif Berkontribusi Pada Pengurangan Pemanasan Global
Handout
Penanaman mangrove oleh MPMX di Muara Sungai Kali Terang, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perubahan iklim dan kenaikan suhu bumi mendorong banyak negara dan dunia usaha lebih peduli pada upaya menjaga lingkungan, antara lain dengan mengurangi emisi karbon.

Pelaku bisnis mulai menerapkan bisnis berkelanjutan untuk membantu negara mencapai target netralitas karbon. Perusahaan konsumer otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) juga telah menetapkan langkah strategis untuk bisnis berkelanjutan.

Komisaris MPMX Tossin Himawan menyampaikan perusahaannya melakukan rehabilitasi mangrove merupakan satu dari strategi keberlanjutan (sustainability) Perseroan di bidang lingkungan hidup dalam payung MPM Green Action.

"Melalui program ini, Perseroan ingin ikut berpartisipasi aktif dalam pengentasan pemanasan global. Mangrove tidak saja dapat mengembalikan fungsi ekosistem dan lingkungan, tetapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Tossin dalam keterangan resmi, Sabtu (17/6/2023).

Program rehabilitasi mangrove dilakukan di Muara Sungai Kali Terang, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dengan menambah luas area rehabilitasi sebesar 2 hektar dan menanam 20.000 bibit mangrove.

Sejak program diluncurkan pada tahun 2022 lalu, total 3 hektar lahan di Kali Terang telah ditanami 30.000 bibit mangrove.

BERITA TERKAIT

"Ada potensi lahan yang besar sekali di area Muara Sungai Kali Terang di Golo Sepang ini, sehingga program ini akan menjadi program jangka panjang dimana banyak pengembangan yang bisa kami lakukan baik berupa penambahan penanaman bibit, maupun peningkatan keterampilan dan kemampuan para petani binaan dan nelayan setempat," ungkap Tossin.

NTT merupakan wilayah operasional dari MPM Honda Jatim sebagai distributor tunggal motor Honda. Corporate Secretary MPM Honda Jatim Vinensia Kenanga mengatakan Perseroan memiliki visi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional.

Baca juga: BRGM Klaim Sudah Rehabilitasi Mangrove Sejak 90-an 

"Fokus kami dalam melakukan program rehabilitasi mangrove di wilayah Desa Golo Sepang untuk membantu pelestarian wilayah pesisir pantai NTT sekaligus berupaya meningkatkan kesejahteraan penggiat mangrove, nelayan, dan seluruh warga desa," ucap Vinensia.

Kegiatan rehabilitasi tahun ini juga mencakup pembangunan mangrove nursery (pembibitan mangrove) yaitu membangun bedeng persemaian dan melalukan penataan bibit mangrove berdasarkan jenis.

Baca juga: Berperan pada Ekosistem, Mangrove Dapat Cegah Gelombang Tsunami dan Abrasi

MPMX juga menginisiasi ekowisata mangrove berbasis edukasi dengan menambah pembangunan jalur trekking dan melakukan kegiatan edukasi di lokasi trekking mangrove, serta melakukan pelatihan budidaya kepiting bakau ke masyarakat dan membangun apartemen kepiting bakau untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas