Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

BBM Ramah Lingkungan RON 95 Segera Dijual, Pertamina: Harganya Bakal Kompetitif

BBM RON 95 yang lebih ramah lingkungan dijual dengan harga yang kompetitif dibandingkan para kompetitor di kelasnya.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in BBM Ramah Lingkungan RON 95 Segera Dijual, Pertamina: Harganya Bakal Kompetitif
WARTA KOTA/YULIANTO
Pengendara mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Jumat (2/6/2023). WARTA KOTA/YULIANTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan minyak dan gas (migas) pelat merah yakni PT Pertamina, akan menjual produk bahan bakar minyak terbaru yaitu campuran antara Pertamax dan bioetanol. Produk ini nantinya memiliki kadar oktan atau RON senilai 95.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya masih enggan membeberkan detail harga dari produk baru tersebut.

Yang jelas, BBM yang lebih ramah lingkungan ini dijual dengan harga yang kompetitif dibandingkan para kompetitor di kelasnya. "Harganya tentu kompetitif untuk BBM di kelasnya (RON 95)," ungkap Irto kepada Tribunnews, Senin (26/6/2023).

Rencananya, jenis BBM terbaru itu akan diluncurkan perdana di Surabaya, Jawa Timur, dalam waktu dekat.

Beredar kabar, produk ini bakal dinamakan Pertamax Green 95. Namun, Irto lagi-lagi masih enggan membeberkan nama produk baru tersebut.

"Rencana akan diluncurkan di Surabaya dalam waktu dekat. Untuk namanya akan kita sampaikan pada saat peluncuran ya," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Campuran Pertamax dan Bioethanol 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, nantinya produk tersebut tidak akan disubsidi oleh pemerintah.

"Kalau bisa jangan sampai ini lah subsidi. Jadi harus ada uapaya matang, masa subsidi lagi," ucap Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Ia melanjutkan, hadirnya produk baru ini sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam mengurangi penggunaan energi berbasis fosil.

Baca juga: BBM Bioetanol RON 95 Akan Rilis Juni ini, Ini Prediksi Harga Per Liternya

Arifin dalam kesempatan tersebut juga belum dapat memberikan kejelasan secara gamblang terkait penerbitan izin komersialisasi dari produk yang dimaksud.

Yang jelas saat ini masih dalam tahap uji coba. "Kan baru uji coba. (Yang jelas) dicampur jadi oktannya bisa naik, kan jadi bagus untuk motor," pungkasnya.

Saat ini Pertamina diketahui memiliki tiga produk BBM jenis bensin (gasoline) yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, serta Pertamax Turbo dengan RON 98.

Baca juga: Alasan Mengapa BBM RON 95 Malaysia Hanya Rp 6.794, Jauh Lebih Murah Dari Pertamax

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, produk percampuran Pertamax dan Bioetanol itu rencananya akan mulai dijual komersil secara bertahap pada awal Juli 2023 mendatang di Surabaya, Jawa Timur.

Terkait harga jual pastinya, Fadjar enggan mengungkapkannya.

"Harganya nanti pada saat peluncuran," imbuh dia seperti dilansir Kompas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas