Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Perbedaan Pelapis Jok Mobil Berbahan Microfiber dengan yang Sintetis

Beberapa pengendara enggan mempertahankan bahan pelapis jok bawaan dari pabrikan dengan menggantinya dengan material yang dibeli di aftermarket.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Perbedaan Pelapis Jok Mobil Berbahan Microfiber dengan yang Sintetis
handout
Raditya Dika bersama Ical dan Dustin menjajal cover jok berbahan microfiber. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak hal yang dapat dilakukan pengguna mobil agar interior kendaraaannya makin nyaman untuk teman bepergian, salah satunya adalah mengganti pelapis jok mobil.

Beberapa pengendara enggan mempertahankan bahan pelapis jok bawaan dari pabrikan dengan menggantinya dengan material yang dibeli di aftermarket.

"Di Indonesia saat ini pelapis jok yang paling umum dan diminati terdapat dua jenis yaitu sintetis dan microfiber," kata Ricky Cahyadi, praktisi interior kendaraan dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Kedua jenis jok mobil ini, kata owner PT Cahyadi Perkasa Corporindo atau Vision Indonesia ii memiliki perbedaan yang tidak mencolok.

"Bahan sintetis adalah pelapis jok yang dikenal paling terjangkau dan mudah ditemui sedangkan microfiber adalah kulit microfiber merupakan salah satu jenis kulit sintetis yang bisa dipakai sebagai bahan lapisan jok kulit dengan durabilitas yang lebih tinggi, mewah dengan harga jauh di bawah kulit asli," kata Ricky.

Saat ini, microfiber menjadi inovasi dalam industri pelapis kulit jok karena menggunakan bahan sintetis yang memiliki kemiripan struktur dengan kulit asli dan memiliki kekuatan lebih baik dari kulit dan tidak berbau.

BERITA TERKAIT

Dia menjelaskan, bahan microfiber asli tidak mudah disobek tanpa menggunakan alat, sangat mirip dengan kulit asli, daya tahan gesekan yang tinggi dan memiliki perlindungan ultra-violet.

Baca juga: Bahaya Ganti Jok Mobil dengan Kasur Saat Perjalanan Liburan

Selain itu juga mudah dibersihkan dan tidak mudah terbakar dan mikrofiber sedikit lebih mudah dibanding kulit asli yakni dengan memberikan pelembab kulit setiap enam bulan sekali.

Tidak heran jika material microfiber makin banyak digunakan sebagai material interior pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Baca juga: Begini Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Harus Segera Diganti dengan yang Baru

'Kami memiliki produk Microfiber Vision juga memiliki beberapa alternatif produk kulit sintetis yaitu Vision Saffiano, Vision Mclaren dan Vision Bentley sedangkan kelas Microfiber terdapat Vision Lugano, Vision Gallardo dan Vision Bugatti," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas