Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Maruti Suzuki Tolak Proposal Merekayasa Jimny dan Swift dari Toyota

Toyota menyatakan minatnya untuk memiliki versi Jimny dan Swift yang populer untuk meningkatkan jajaran modelnya.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Maruti Suzuki Tolak Proposal Merekayasa Jimny dan Swift dari Toyota
Instagram cruise_rider01
Suzuki Jimny. Maruti Suzuki menolak proposal Toyota untuk merekayasa model ikonik dari Jimny dan Swift. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Maruti Suzuki menolak proposal Toyota untuk merekayasa model ikonik dari Jimny dan Swift.

Perusahaan otomotif berlogo "S" ini menegaskan bahwa Jimny dan Swift merupakan bagian integral dari identitas mereknya dan tidak terbuka untuk dibagikan.

Sebelum ini, kedua produsen mobil tersebut telah sukses berkolaborasi dengan berbagai model, seperti Baleno dan Glanza, Ertiga dan Rumion, serta Grand Vitara dan Urban Cruiser Hyryder.

Baca juga: Toyota Hentikan Pengiriman Avanza, Veloz dan Empat Model Lain ke Pasar ASEAN 

Dikutip dari MotorBeam, Toyota menyatakan minatnya untuk memiliki versi Jimny dan Swift yang populer untuk meningkatkan jajaran modelnya.

Produsen mobil asal Jepang ini melihat peluang untuk menciptakan alternatif yang lebih terjangkau, khususnya membayangkan Jimny berlogo Toyota sebagai pilihan 4×4 yang hemat anggaran, dibandingkan dengan Fortuner yang relatif mahal.

Meski demikian, Maruti Suzuki tetap teguh pada keputusannya mempertahankan eksklusivitas kedua model tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Meskipun terjadi penurunan penjualan Jimny baru-baru ini, Maruti Suzuki tetap teguh pada keputusannya, menekankan bahwa model-model yang menjadi inti identitas mereknya tidak akan dibagikan.

Perusahaan menjual Jimny sebanyak 15.476 unit pada Juni hingga November 2023, sedangkan penjualan November turun menjadi hanya 1.020 unit.

Meskipun berbagi Jimny dengan Toyota berpotensi meningkatkan volume, Maruti Suzuki memprioritaskan mempertahankan status ikonik model ini dibandingkan keuntungan jangka pendek.

Sementara itu, Swift yang secara konsisten menjadi model terlaris Maruti Suzuki, mencatat rata-rata lebih dari 17.100 unit terjual setiap bulannya.

Toyota, yang hanya menjual produk Nexa premium Maruti Suzuki dengan mereknya sendiri, melihat potensi pertumbuhan penjualan yang signifikan dengan memperkenalkan Swift berlogo Toyota.

Dengan Glanza dan Rumion (model Maruti yang direkayasa dengan lencana) menyumbang 25 persen terhadap total penjualan bulanan Toyota, Swift bermerek Toyota dapat semakin meningkatkan kesuksesan kolaborasi ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas