Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Cara Menderek Mobil Listrik yang Mogok Agar Tidak Rusak

Cara menderek mobil listrik berbeda dengan cara menderek mobil konvensional saat sedang mogok.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cara Menderek Mobil Listrik yang Mogok Agar Tidak Rusak
dok. Seres E1
Cara menderek mobil listrik menggunakan truk gendong. 

Cara Menderek Mobil Listrik yang Mogok Agar Tidak Rusak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menderek mobil listrik memang tidak boleh sembarangan. Kita wajib memperhatikan sistem penggerak mana yang digunakan mobil yang akan diangkut, sebab setiap model memiliki sistem penggerak yang berbeda.

Cara menderek mobil listrik berbeda dengan cara menderek mobil konvensional saat sedang mogok.

Deputy Head of Customer Service Division PT Sokonindo Automobile Herry Bertus Windyarto, mengatakan kendaraan listrik menggunakan motor penggerak untuk memutar roda dan komponen ini tidak bisa bekerja apabila kendaraan dalam kondisi mati.

"Oleh sebab itu gunakan derek flatbed apabila kondisi kendaraan mogok, dan segera antarkan kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang optimal dari mekanik kami yang sudah terlatih dan jaminan suku cadang yang original," tutur Herry, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: Xiaomi Libatkan 3.400 Insinyur Bikin Mobil Listrik SU7

Jadi, apabila ingin menderek mobil listrik, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan dilakukan dengan benar dan tepat, agar tidak menambah kerusakan lainnya yang bisa membuat biaya perbaikan semakin bengkak.

BERITA TERKAIT

Perhatikan juga kendaraan derek yang digunakan menggunakan model flatbed, sehingga posisi kendaraan yang mogok bisa digendong sepenuhnya di atas kendaraan derek.

Penggunaan kendaraan derek model flatbed ini untuk meminimalisir kerusakan di motor penggerak apabila dipaksa diderek atau bahkan di dorong terlalu jauh.

Herry mencontohkan model Seres E1 menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor di roda belakang dengan dukungan transmisi otomatis.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Insentif untuk Impor Mobil Listrik CKD, Ini Syaratnya

Jika kendaraan ini mengalami mogok dan hendak diderek, hal pertama yang dilakukan adalah memindahkan transmisi ke posisi Netral.

Kemudian Seres E1 bisa didorong untuk naik ke atas truk derek dan digendong diatasnya. Para insinyur memberikan toleransi untuk mendorong Seres E1 sejauh ±10 Meter.

Setelah sampai di atas flatbed, transmisi bisa dipindah ke posisi parking dan roda dikunci untuk mengamankan selama di atas.

Foto : Cara menderek mobil listrik Seres E1 yang benar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas