Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Balap Simulator Sensasi Ala MotoGP Sambangi 6 Kota

Pemenang 4jang6 Balap Tangguh akan mendapat pengalaman berharga menonton dan melihat langsung dari dekat Marco Bezzecchi.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Balap Simulator Sensasi Ala MotoGP Sambangi 6 Kota
HO
Penyelenggaraan kompetisi balap simulator "4jan6 Balap Tangguh" di M Bloc, Jakarta, Minggu, 14 Januari 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnew, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontes balap simulator dengan sensasi ala balap MotoGP diselenggarakan di 6 kota Tanah air mulai 14 sampai 24 Januari 2024.

Kompetisi bertajuk "4jang6 Balap Tangguh" ini diselenggarakan Pertamina Enduro bersama Celloszxz dan diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Kick off kompetisi ini dilangsungkan hari ini, Minggu, 14 Januari 2024 di M Bloc Space, Jakarta.

Mufti Fadhilah, produser Celloszxz: Ajang Balap Tangguh mengatakan, kompetisi juga menjalin kerjasama dengan tim VR46 di motoGP milik Valentino Rossi. "Target kegiatan ini kita ingin kejar generasi Z usia 18sampai 24 tahun untuk memberikan awareness bahwa ada ada produk pelumas lokal yang bisa menembus ajang motoGP," ungkapnya di sela acara.

Puncak event ini akan dilangsungkan di Sarinah, Jakarta, 24 Januari 2024. "Kita akan cari 4 terbaik dari 6 kota ini yang nanti tampil di babak final di Jakarta.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2024 Qatar, Kans Marc Marquez Lanjutkan Tradisi Gresini Ducati di Sirkuit Lusail

"Di roadshow di Jakarta sebagai kota pertama, kita akan cari 4 terbaik dulu. Lalu cari yang terbaik lagi di kota lain. Mereka yang terbaik kita nilai dari best lap. Jika ada peserta dari kota lain yang mendapatkan lap lebih baik lagi maka peraih best lap sebelumnya akan didrop. Empat peraih best lap akan kita bawa ke Jakarta untuk bertanding di babak puncak. Dua orang pemenangnya kita ajak nonton balap MotoGP Mandalika," beber Mufti Fadhilah.

Dia mengatakan, dari setiap kota penyelenggaraan pihaknya menargetkan
20 sampai 30 peserta. "Kota-kota yang kita pilh untuk penyelenggaraan kegiatan ini adalah yang peminat motoGP-nya terbesar," kata dia.

BERITA REKOMENDASI

"Lewat kerjasama dengan VR46 dan kami ingin masyarakat bisa ikut merasakan antusiasme dan kebangaan yang kami rasakan. Maka dari itu bersama dengan Celloszxz spesialis tantangan ekstrem, kami gelar event ini dimana masyarakat di 6 kota bisa menguji seberapa dekat mereka dengan catatan waktu para pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team,” ujar Sari Rachmi, Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants.

Dia mengatakan, pemenang 4jang6 Balap Tangguh akan mendapat pengalaman berharga menonton dan melihat langsung dari dekat Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio berlaga di balapan MotoGP Mandalika. "Empat partisipan dari 6 kota dengan catatan waktu paling mendekati Marco Bezzecchi — 1 menit 30,167 detik, akan berlaga di babak final di Jakarta, 24 Januari 2024 mendatang," ungkapnya.

Sandi, salah satu peserta kompetisi dari Pantai Indah Kapuk Jakarta, mengaku merasakan sensasi ala balap MotoGP di kompetisi ini. "Ini seru banget tapi jujur ta semudah yang kita kira. Saya pikir main balap di simulator itu gampang ternyata gak mudah, butuh energi juga. Tadi jatuh 12 kali padahal sehari hari biasa pegang motor yang pakai kopling," ujarnya usai menjadi peserta pertama.

Dia mengaku ngefans pada pebalap MotoGP Valentino Rossi alias VR46 sejak kecil bahkan ketika Rossi masih gabung di tim Honda. "Valentino Rossi fans base-nya bagus. Karena itu saya liat ini tepat banget strategi Pertamina Enduro gandeng VR46 bikin ajang semacam ini," ujar Sandi.

Selama gelaran MotoGP, Sandi mengaku pernah nonton langsung balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Sepang, hingga Philip Island.

Peserta lainnya Chandra, dari VR46 Fan Club Valentino Rossi Indonesia asal Cikarang, Jawa Barat, mengaku puas atas performa dia di kompetisi ini.

"Tadi ternyata lumayan susah dibanding simulator yang saya pernah mainin selama ini. Perlu skill.khusus, seperti pe gereman dan buka gas harus terkontrol banget. Tadi juga banyak tikungan," ungkapnya.

"Tadi saya jatuh 4 kali," ujar anak muda yang sehari hari bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan elektronik di Cikarang ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas