Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kenali Problem pada Kaki-kaki Mobil, Lakukan Deteksi Dini untuk Cegah Kerusakan Serius

Setir mobil yang bergetar dan sulit dikontrol semisal cenderung menyerong ke kiri atau kanan merupakan pertanda kaki-kaki mobil bermasalah.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kenali Problem pada Kaki-kaki Mobil, Lakukan Deteksi Dini untuk Cegah Kerusakan Serius
handout
Perawatan kaki-kaki mobil. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kebanyakan pemilik kendaraan kurang memperhatikan perawatan bagian kaki-kaki. Karena posisiya di bagian bawah, sering kurang mendapat perhatian dan kondisinya dianggap baik-baik saja.

Nyatanya, permasalahan kaki-kaki mobil cukup banyak seperti setir bergetar saat dikemudikan, ban depan yang tidak lurus, tapak ban mobil miring sebelah, muncul bunyi-bunyi aneh di bagian roda, rem kurang pakem hingga limbung di kecepatan tinggi.

Setir mobil yang bergetar dan sulit dikontrol semisal cenderung menyerong ke kiri atau kanan merupakan pertanda kaki-kaki mobil bermasalah. Ada yang tidak presisi pada spooring dan balancing roda-rodanya.

Jika lingkar kemudi cenderung berbelok merupakan pertanda tie rod rusak. Jika setir sampai bergetar itu pertanda tie rod rusak parah dan harus segera diperbaiki.

Problem lain pada kaki-kaki mobil lainnya adalah kendaraan sulit dikendalikan, arah roda mobil berubah, tapak ban terkikis, muncul suara dengung, limbung saat di tikungan, per bermasalah, ban aus hingga spooring berubah.

Munculnya bunyi pada kaki-kaki mobil yang sering dikeluhkan pemilik biasanya terjadi karena faktor usia kendaraan. Faktor lainnya adalah ada komponen di bagian kaki-kaki yang berkarat.

BERITA TERKAIT

Bisa juga munculnya bunyi-bunyian karena bushing yang sudah rusak. Bushing berfungsi menutup bagian ujung shaft dan bekerja untuk menahan getaran di jalan saat mobil melaju. Bushing juga berfungsi menjaga keseimbangan kaki-kaki mobil.

Karena itu, dibutuhkan pelumasan berkala untuk meminimalisir gesekan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mendadak Mati, Pemicu Mesin Overheat

Dengan deteksi dini, pemilik kendaraan dapat melakukan perawatan rutin, menghindari kerusakan serius pada kaki-kaki mobil dan menghemat biaya perbaikan.

Founder Rotary Auto Ferry Jensen, mengatakan masalah kaki-kaki mobil bisa diselesaikan cepat dengan menggunakan teknologi Kyoto Shaking Machine.

"Dengan hadirnya Kyoto Shaking Machine, pengecekan dan diagnosa permasalahan kaki-kaki mobil akan lebih mudah, akurat, efisien dan tidak akan memakan waktu lama," tutur Ferry, Minggu (21/1/2024).

Baca juga: Bisa Picu Baret, Ini Tanda Wiper Mobil Wajib Diganti

Rotary Auto sendiri merupakan bengkel spesialis AC Mobil dan kaki-kaki mobil yang berdiri sejak tahun 2000 di Jakarta dan menggunakan Shaking Machine untuk pengecekan dan diagnosa kaki-kaki mobil secara tepat, cepat dan akurat.

Bengkel bisa mendiagnosa sumber bunyi tersebut menjadi lebih akurat, tanpa harus melakukan test drive atau tes jalan, sehingga pemeriksaan menjadi lebih cepat dan efisien, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas