Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Gali Potensi Pasar Kendaraan Komersial, GIICOMVEC Digelar 7-10 Maret di JCC Senayan

Pasar kendaraan komersial Tanah Air diprediksi masih memiliki potensi pasar yang sangat besar, di tengah pembangunan infrastruktur

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gali Potensi Pasar Kendaraan Komersial, GIICOMVEC Digelar 7-10 Maret di JCC Senayan
Lita Febriani/Tribunnews.com
Konferensi pers pameran GIICOMVEC 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar kendaraan komersial Tanah Air diprediksi masih memiliki potensi pasar yang sangat besar, di tengah pembangunan infrastruktur dan ekonomi yang terus berkembang.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional yang terus mengalami kenaikan positif dan iklim investasi yang semakin kondusif harus dimanfaatkan para pelaku industri, seperti faktor vital dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif.




"Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi Pemerintah RI," tutur Nangoi dalam konferensi pers GIICOMVEC 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Mobil Hybrid Perlu Insentif Atau Tidak? Ini Kata Gaikindo

Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antar daerah dan oleh karena itu kegiatan usaha makin terbuka luas mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan dan lainnya.

"Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan," ungkapnya.

Nangoi juga menambahkan bahwa selain infrastruktur jalan yang terus ditingkatkan, pemerintah juga membangun dan melengkapi berbagai infrastruktur sarana dan prasarana transportasi massal yang juga membutuhkan produk dan teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

BERITA TERKAIT

Menangkap potensi ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyelenggarakan pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, yang akan berlangsung pada 7-10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

"GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri," jelas Nangoi.

Penyelenggaraan GIICOMVEC yang ke-tiga pada tahun ini akan mengundang lebih dari 10.000 trade visitors dan mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial di Indonesia.

Baca juga: Gaikindo Sebut Transaksi GIIAS Semarang Naik 54 Persen

Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari industri transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, ritel, operator tur dan perjalanan, pertambangan, minyak, gas, dan energi, konstruksi, jasa keuangan dan asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe dan layanan catering, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, industri pertanian, kehutanan dan peternakan, serta militer.

GIICOMVEC 2024 akan diramaikan oleh Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck and Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR dan Wuling telah memastikan partisipasinya.

GIICOMVEC 2024 juga akan diikuti oleh industri karoseri tanah air dan industri pendukung lainnya.

Pameran ini akan berlangsung pada area Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) dan akan mempergunakan area total sebesar lebih dari 14.000 meter persegi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas