Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Karpet Mobil Berbahan Thermoplastic Elastomer Diklaim Lebih Tahan Abrasi dan Suhu

Material plastik TPE atau Thermoplastic Elastomer kini makin luas digunakan untuk pembuatan aksesoris mobil

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Karpet Mobil Berbahan Thermoplastic Elastomer Diklaim Lebih Tahan Abrasi dan Suhu
Istimewa
Ilustrasi karpet mobil. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM – Material plastik TPE atau Thermoplastic Elastomer kini makin luas digunakan untuk pembuatan aksesoris mobil, khususnya untuk kebutuhan interior.

Karakter material ini diklaim lebih tahan abrasi dan paparan suhu ekstrem, seperti suhu sangat rendah dan suhu tinggi.

"Material plastik TPE lebih tahan terhadap suhu ekstrem jika dibanding material lain untuk pembuatan interior mobil. Misalnya untuk suhu rendah, dia tahan sampai minus 30 derajat Celcius, sementara untuk suhu tinggi, dia tahan sampai suhu 140 derajat Celcius," ungkap Agung, Product Manager Optimus saat ditemui di pameran otomotif IIMS 2024, Jumat, 16 Februari 2024.

Baca juga: Indonesia Boating Gathering Ramaikan IIMS 2024

Agung menambahkan, bahan TPE juga memiliki fleksibilitas yang tinggi. Selain itu juga tahan dari risiko sobek dan abrasi. Selain itu juga unggul pada kemampuannya untuk didaur ulang.

Dengan demikian, material ini lebih ramah lingkungan karena bersifat durable.

"Bahan dasar TPE merupakan campuran polimer karet dengan plastik, sehingga aman digunakan dan ramah lingkungan," kata Agung.

BERITA TERKAIT

Agung menjelaskan, untuk mendapatkan hasil dengan presisi tinggi, pihaknya memproduksi karpet ini dengan teknologi Smart System menggunakan scanner 3D sehingga saat diaplikasikan pada interior mobil menjadi presisi dengan ukuran setiap sisi dan barisnya.

Pihaknya memproduksi karpet ini untuk sejumlah kendaraan penumpang di Indonesia seperti CRV, Avanza, Ertiga, hingga Innova Zenix.

Baca juga: Toyota Vellfire Hybrid Dilego Perdana di IIMS 2024, Banderol Rp 1,8 Miliar

Gilang G. Januar, Marketing Manager Sembilan Autoseries Indonesia mengatakan, pihaknya memasarkan karpet ini di IIMS 2024 dengan harga khusus mulai dari Rp 699 ribu dengan garansi 24 bulan di booth mereka di area PAHAMI di Hall B1 Blok P 13 JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Selain karpet mobil, selama IIMS 2024 pihaknya juga memperkenalkan lampu sein dan lampu tembak produksi Nine untuk pengguna Yamaha Nmax, Luximos TSN1 dengan harga Rp 650 ribu khusus selama IIMS 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas