Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dashcam Makin Dibutuhkan untuk Cegah Risiko Kejahatan di Jalan

Di kepolisian rekaman yang didapatkan dashcam bisa dijadikan barang bukti digital ketika terjadi insiden di jalan raya sampai saat tindak kejahatan.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dashcam Makin Dibutuhkan untuk Cegah Risiko Kejahatan di Jalan
Istimewa
Penggunaan dashboard camera atau daschcam kini makin meluas di kalangan pemilik kendaraan pribadi untuk membantu mereka mengetahui kondisi di sekitar kendaraan saat melakukan perjalanan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM - Penggunaan dashboard camera atau daschcam kini makin meluas di kalangan pemilik kendaraan pribadi untuk membantu mereka mengetahui kondisi di sekitar kendaraan saat melakukan perjalanan.

Salah satu manfaat penggunaan dashcam adalah membantu pemilik kendaraan/pengemudi untuk mendapatkan bukti rekaman selama perjalanan, termasuk misalnya, ketika terjadi insiden kecelakaan di jalan raya.

Di kepolisian rekaman yang didapatkan dashcam bisa dijadikan barang bukti digital ketika terjadi insiden di jalan raya sampai saat terjadi tindak kejahatan.

"Seperti Always-On Dashcam Dekka, perangkat ini memiliki beberapa fungsi penting yang membantu pengguna dalam berbagai situasi," kata CEO PT Super Spring, Arianto Furiady, Kamis, 7 Maret 2024.

Dia mengatakan, perangkat ini akan terus merekam keadaan di sekitar kendaraan sehingga bisa membantu melindungi kendaraan dan pengemudi dari tindakan jahat.

Selain itu dan juga sebagai bukti rekaman dalam dalam berbagai kasus. Dengan video yang tersimpan, pengguna dapat menunjukkan keadaan sebelum, selama, dan setelah kejadian.

BERITA TERKAIT

Fitur deteksi sinyal GPS dan pengambilan gambar pada saat kondisi khusus di perangkat ini menjadikannya dapat memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perjalanan pengguna dan lokasi atau koordinatnya.

Demikian pula dengan fitur pengamanan video, pengguna Dashcam Dekka dapat menjamin bahwa video yang diambil akan tetap aman dan terukur dalam keadaan yang tepat.

Mendekati libur Lebaran seperti sekarang, menurut dia Dashcam Dekka bisa dimanfaatkan sebagai teman mudik yang bisa memberikan rasa aman saat membawa kendaraan.

Dashcam Dekka yang lebih advance juga terdapat satu buah kamera tambahan untuk menghadap ke belakang, dan resolusi video hingga 4K.

Arianto mengatakan, perangkat ini dipasarkan berikut pemasangannya dan sudah termasuk memory-card dan hard-wire kit dengan harga mulai dari Rp 900 ribuan untuk tipe 1 kamera dengan dukungan garansi 2 tahun.

Tipe dan harga Dashcam Dekka:

1. Dk10 1 Camera: dengan Memory 64 GB, Rp 999.000
2. Dk20 2 Camera: Resolusi 2k, Free Memory 64 GB, Rp 1.999.000
3. Dk40 2 Camera: Resolusi 4K, Free Memory 128 GB, Rp 2.499.000.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas