Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tak Sekadar Cantik, Ini Peran Penting Para Srikandi Suzuki Aria

Setiapbrand memiliki satu nama khsusus menyebut ushernya, seperti PT Suzuki Indomobil Sales yang menamai para srikandi ushernya dengan Suzuki Aria.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tak Sekadar Cantik, Ini Peran Penting Para Srikandi Suzuki Aria
Lita Febriani
Suzuki Aria si cantik yang merepresentasikan value Suzuki di GIIAS 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Peran Usher dalam sebuah pameran terutama di otomotif bukan hanya sekedar tampil cantik. Usher harus memiliki pengetahuan terkait value dari brand, jenis mobil, hingga teknologi terbaru yang digunakan.

Hal tersebut membuat Usher berbeda dengan seorang Sales Promotion Girl (SPG) yang fokus pada penjualan unit. Usher juga menjadi representasi dari brand yang mereka bawa.




Bahkan tiap brand memiliki satu nama khsusus untuk menyebut ushernya, seperti PT Suzuki Indomobil Sales yang menamai para srikandi ushernya dengan Suzuki Aria.

Baca juga: Tips Berburu Mobil Baru Lewat Skema Cicilan di Pameran GIIAS 2024 Ala ACC

Project Manager Widata Events Ayu Widagdo, mengatakan setiap pameran otomotif yang skalanya cukup besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 selalu melibatkan peran Suzuki Aria.

"Suzuki Aria merepresentasikan value brand yakni Honesty, Modesty, Yaruki dalam artian Ketulusan, Kesopanan dan Semangat dalam bekerja," kata Ayu kepada Tribunnews.com, Rabu (24/7/2024).

Sebagai informasi, Widata Events merupakan talent management dari Suzuki Aria. Pada GIIAS 2024 ini, total ada total ada 32 Suzuki Aria yang terlibat.

BERITA TERKAIT

Dimana keseluruhannya, dibina dan diseleksi oleh Suzuki langsung, yang dibantu talent management yakni Widata Events sebagai pihak ketiga.

"Proses Suzuki Aria melalui screening online yakni mengirimkan biodata dan foto terupdate, serta offline yakni interview dengan pihak Suzuki terkait interpersonal dan product knowledge," imbuhnya.

Seorang Suzuki Aria harus memiliki paket lengkap yakni brain and beauty untuk kredibilitas brand image Suzuki.

Oleh karenanya, Ayu menjelaskan pengembangan talent para Aria dilakukan melalui training and development yang diberikan, diantaranya Training Product knowledge, ⁠Training Personality, Training Marketing Basic, Training Public Speaking, Training Presenting, Training Beauty Class dan Training Modelling.

Dengan pengembangan tersebut Suzuki Aria telah menyabet beberapa penghargaan dalam ajang pameran otomotif, antara lain Miss IIMS 2022, ⁠Miss Best Costume IIMS 2022, Finalis Miss Auto Show 2022,⁠Miss Photogenic IIMS 2023, Top 15 Miss Auto Show 2023 dan terbaru Miss Favorit IIMS 2024.

Defanda Az Zahra yang merupakan brand reprensetatif dari Suzuki menceritakan, tahun ini menjadi tahun keduanya sebagai Suzuki Aria.

Tak hanya pengalaman saja, menjadi Suzuki Aria juga memberinya ilmu mengenai public speaking, presenting, hingga dance lewat pelatihan-pelatihan. Defanda sendiri memiliki background sebagai news presenter dan host/MC.

"Sebelum GIIAS ini biasanya ada training pasti, ada public speaking, presenting sampai dance dan ini jadi buat para Aria jadi lebih pede," kata Defanda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas