Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

MPV Hybrid BYD Xia Resmi Meluncur, Jadi Pesaing Alphard Harga Rp 657 Jutaan

BYD meluncurkan MPV pesaing Alphard, BYD Xia, dengan panjang bodi 5,1 meter dengan teknologi plug-in hybrid DM generasi ke-5.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in MPV Hybrid BYD Xia Resmi Meluncur, Jadi Pesaing Alphard Harga Rp 657 Jutaan
Car News China
BYD baru saja meluncurkan MPV BYD Xia dengan panjang bodi 5,1 meter dengan teknologi plug-in hybrid DM generasi ke-5. Mobil ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 42.300 dolar AS atau sekitar Rp 657 juta. 

TRIBUNNEWS.COM - BYD baru saja meluncurkan MPV bongsor BYD Xia dengan panjang bodi 5,1 meter dengan teknologi plug-in hybrid DM generasi ke-5.

BYD Xia sebelumnya akan diberi nama Tang Max atau Zhou. Namun, BYD telah memutuskan menyematkan nama Xia untuk MPV dengan dimensi segede Toyota Alphard ini mengacu pada nama Dinasti Xia di China.

Dinasti Xia merupakan dinasti ini merupakan dinasti tertua dalam sejarah Tiongkok tradisional, yang berdiri pada tahun 2070 SM. Dengan menyematkan nama Xia, BYD secara menegaskan MPV ini merupakan produk unggulan dari seri Dinastinya.




Desain eksterior BYD Xia memiliki gaya khas tersendiri dengan gril besar berbentuk trapesium dengan tulisan BYD di bagian depan. Mobil seri Dynasty lainnya mengadopsi logo hieroglif Tiongkok di bagian depan.

Dimensi keseluruhan BYD Xia mengingatkan kita pada BYD Denza D9 yang tampil di GIIAS 2024 dan sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

Xia memiliki garis atap datar, pintu geser belakang, dan spoiler atap. Dari belakang, Xia memiliki satu strip LED lampu belakang. Dimensi BYD Xia adalah 5145/1970/1805 mm dengan jarak sumbu roda 3045 mm.

BYD Xia rear
Tampilan belakan BYD Xia yang meluncur di pasar China minggu ini. BYD Xia memiliki panjang bodi 5,1 meter dengan teknologi plug-in hybrid DM generasi ke-5. Mobil ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 42.300 dolar AS atau sekitar Rp 657 juta.

Mobil ini 105 mm lebih pendek, 10 mm lebih lebar, dan 115 mm lebih rendah dari Denza D9 yang disebutkan.

BERITA TERKAIT

Interior BYD Xia belum resmi terungkap. Namun, yang pasti mobil ini mengadopsi interior tujuh kursi dengan konfigurasi 2 + 2 + 3 dengan konsol tengah tetap sejajar seperti pada mobil BYD lain yang baru diluncurkan, misalnya pada sedan Qin L atau crossover Song L DM-i.

BYD Xia mengadopsi sistem DiPilot ADAS dan sistem kokpit DiLink 150. Suspensinya mengadopsi sistem elektromagnetik DiSus-C dengan kelembutan yang dapat disesuaikan.

Baca juga: BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Pakistan, Beroperasi 2026

BYD Tang dan Han mengadopsi sistem yang sama. Namun, tampaknya minivan andalan seri Dynasty tidak akan mendapatkan suspensi udara DiSuS-A.

Sistem penggerak BYD Xia mengadopsi sistem penggerak hybrid DM generasi ke-5 dan kemungkinan besar akan mengadopsi mesin BYD472ZQB 1,5 liter turbocharged dengan daya puncak 115 kW (154 hp).

Mesin ini cocok dengan motor listrik 200 kW (268 hp). Ada kemungkinan BYD Xia akan dipasarkan dengan 4WD. Sebelumnya telah diungkapkan bahwa BYD Xia memiliki jangkauan listrik penuh sejauh 200 km dengan baterai LFP Blade yang besar.

Baca juga: Test Drive BYD M6, Menjajal Performa di Rute Jakarta-Bandung Sejauh 399 Km

BYD Xia akan memasuki pasar China tahun ini dengan harga awal 300.000 yuan atau sekitar 42.300 dolar AS atau sektar Rp 657 juta dengan asumsi kurs Rp 15.532 per dolar AS.

Selain untuk pasar lokal, BYD Xia juga akan ditujukan untuk pasar ekspor. Akankah nanti juga dijual di Indonesia mendampingi Denza D9? 

Sumber: BYD/Car News China

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas