Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dua Truk Listrik untuk Tambang Mendebut di Mining Indonesia 2024

Truk listrik ini dirakit dan diproduksi di kota Shishou dan sudah mulai dioperasikan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Dua Truk Listrik untuk Tambang Mendebut di Mining Indonesia 2024
HO
Truk listrik XCMG untuk sektor tambang di pameran Mining Indonesia 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua truk listrik untuk kebutuhan angkutan tambang mendebut di pameran Mining Indonesia yang berlangsung 11-14 September 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dua truk listrik tersebut adalah XCMG XWE 105DT EV Widebody Dump Truck EV dan XCMG XT 490DT EV Dump Truck EV.

President Director PT Gaya Makmur Mobil (GMM) Frankie S Makaminang Rabu (11/9/2024) mengatakan, kedua truk listrik ini juga langsung dipasarkan di pameran.




Dia menjelaskan, sebagai truk listrik, kendaraan ini sudah sepenuhnya menggunakan baterai dan motor listrik sebagai sumber tenaga dan penggeraknya saat dioperasikan di medan tambang.

Baca juga: Program Cetak Sawah, 88 Unit Alat Berat Telah Tiba di Merauke

Baterainya dapat dicas selama satu jam untuk dapat terisi penuh dengan jangkauan jarak tempuh 150 km. Muatan yang bisa diangkutnya diklaim mencapai 75 ton.

Di Indonesia, kedua truk listrik ini dipasarkan oleh PT Panca Mega Makmur, salah satu perusahaan di bawah grup PT Gaya Makmur yang menjadi distributor dari Xuzhou Construction Machinery Group (XCMG) Trucks. Begitu juga untuk penanganan after sales dan suku cadangnya.

Truk listrik ini dirakit dan diproduksi di kota Shishou dan sudah mulai dioperasikan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. "Sinarmas sudah memakainya di Kalimantan dan Semen Merah Putih di Lebak, Banten,” ungkap Frankie.

BERITA TERKAIT

Truk listrik ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp3,5 miliar. “Harga mulai Rp3,5 miliar, tapi kalau untuk alat pengecasan baterai saja Rp500 juta,” kata Frankie.

PMM adalah bagian dari Gaya Makmur Group, merupakan distributor dari First Automobile Works (FAW) yang mulai memasarkan unit FAW Truck sejak 2005.

Perusahaan ini berdiri tahun 2003 dan awalnya adalah perusahaan importir alat berat dan truk bekas dan baru. Mulai tahun 2023, PMM ditunjuk sebagai Agen Pemegang Merek (Distributor) XCMG. ke depan, PMM bersama XCMG juga akan mengembangkan kendaraan niaga untuk angkutan jalan raya di Indonesia.

Di Mining Indonesia 2024, GMM juga membawa lini truk tambang bermesin diesel, yakni FAW DD 140 CG Manhauler berpenggerak 4x4, FAW FD 460 Tractor Head JH6 berpenggerak 6x4, FAW FB 240 CG Mobil Tanki Pertamina berpenggerak 6x2, FAW FD 290 CG Self Loader berpenggerak 6x4.

Model lainnya yang dibawa ke pameran ini adalah FAW HD 420DT Dump Truck berpenggerak 8x4, FAW FD 290DT Dump Truck berpenggerak 6x4 dan XCMG XT 400DT Dump Truck berpenggerak 6x4.

FAW Trucks mulai dipasarkan di Indonesia sejak 2005 di Indonesia dan diklaim sudah 5.500 unit FAW Trucks yang diniagakan di Indonesia. Tipe yang dipasarkan antara lain Tractor Head, Dump Truck, Chassis Cargo, Mixer Truck dan Light Truck didukung 21 jaringan after sales di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas