Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Desain Sepeda Motor Listrik Sidecar Honda Beredar, Ini Tampilannya

Honda tengah meneliti dan mengembangkan sensor beban pada penyangga yang menghubungkan sidecar dengan sepeda motor listrik.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Desain Sepeda Motor Listrik Sidecar Honda Beredar, Ini Tampilannya
Paultan
Desain paten sepeda motor listrik sidecar rancangan Honda yang terungkap di internet. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Desain paten sepeda motor listrik sidecar rancangan Honda terungkap di dunia maya. Dalam paten tersebut, Honda tengah meneliti dan mengembangkan sensor beban pada penyangga yang menghubungkan sidecar dengan sepeda motor listrik.




Melansir Paultan, sensor tersebut akan memberikan data ke unit kontrol yang terletak di sidecar, kemudian mengontrol daya ke roda sespan.

Saat pengendara berakselerasi ataupun melambatkan kendaraannya, sensor mendeteksi perubahan dalam penyaluran daya.

Selanjutnya, unit kontrol kemudian akan mengaktifkan motor listrik untuk menyeimbangkan gaya penggerak dari roda belakang sepeda motor, sehingga menghasilkan gerakan maju yang merata alih-alih gerakan tiba-tiba.

Saat pengereman, unit kontrol akan mengaktifkan rem roda sidecar, yang juga berfungsi untuk menyeimbangkan gerakan sidecar sepeda motor dan mencegah perubahan arah yang tiba-tiba.

BERITA TERKAIT

Sistem ini juga berfungsi saat menikung, dengan tenaga atau pengereman yang diterapkan untuk menstabilkan lintasan sespan sepeda motor saat menikung.

Untuk negara-negara yang berkendara di sisi kanan jalan, di tikungan kanan, sistem menerapkan pengereman untuk membantu melewati tikungan.

Baca juga: Dua Truk Listrik untuk Tambang Mendebut di Mining Indonesia 2024

Sementara saat berbelok ke kiri, tenaga diterapkan ke roda sidecar untuk menyeimbangkan kecenderungan sepeda motor untuk condong ke tikungan.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas