Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tak Rawat Transmisi, Gearbox Wuling Almaz Hancur

Transmisi menjadi bagian penting kendaraan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak. Tanpa transmisi, mustahil kendaraan dapat berjalan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Rawat Transmisi, Gearbox Wuling Almaz Hancur
Tribunnews.com/Lita Febriani
Ilustrasi Wuling Almaz Hybrid 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Transmisi menjadi bagian penting kendaraan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak. Tanpa transmisi, mustahil kendaraan dapat berjalan.

Lalu, apa yang terjadi saat transmisi tidak dirawat? Kejadian paling fatal adalah mobil macet tidak dapat melaju.

Kejadian tidak menyenangkan terjadi pada pemilik mobil Wuling Almaz lansiran tahun 2019. Dalam video yang viral di Instagram, diduga akibat tidak pernah merawat transmisi, membuat gearbox mobil tersebut hancur.

Baca juga: Wuling Tawarkan Garansi Seumur Hidup Komponen Inti Mobil Listriknya Untuk Pengguna EV Baru

"Wuling lagi Wuling lagi guys. Hari ini kita kedatangan satu mobil Wuling Almaz tahun 2019 yang mana bagian gearbox-nya itu hancur, lihat nih. Ini ada gram-gram besinya dari sini guys, ini dudukan bearing-nya pecah," tutur akun Instagram @domotransmisi.

Host dalam video menjelaskan, Wuling Almaz datang ke bengkelnya harus menggunakan towing karena mobil sudah tidak bisa jalan.

BERITA REKOMENDASI

"Mobil Wuling ini kondisinya itu sudah nggak bisa jalan. Jadi datang ke domotransmisi dengan kondisi di towing," jelasnya.

Awalnya sempat dikira akibat masalah pada bagian belt yang rontok karena usia, namun dugaan tersebut lenyap saat membuka bagia housing gearbox.

"Kita kira dia di bagian belt-nya rontok. Tetapi ketika dibongkar belt-nya tidak apa-apa, tetapi di bagian lainnya itu hancur total. Mau tidak mau kalau kondisi kayak gini, housing-nya tidak bisa dipakai lagi dan gardannya tidak bisa dipakai lagi," ungkap @domotransmisi.

Akun bengkel spesialis transmisi mobil matic tersebut mengingatkan para pemilik kendaraan agar selalu merawat transmisi mobilnya agar kejadian serupa dapat dihindari.

Baca juga: Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Keluarga Harga di Bawah Rp 400 Juta

"Jadi hati-hati buat teman-teman yang punya mobil Wuling, rawat mobil matic-nya sebelum nanti kondisi matic-nya seperti ini," ucap host domotransmisi.

Komentar warganet dalam postingan Instagram @domotransmisi:

Akun @six.ember : Bukan masalah merk, ini masalah prilaku pengemudinya

@cowobaik : metik emang bikin pusing

Akun @prabudidayang : Penyebabnya apa?

Balasan @domotransmisi : @prabudidayang pemakaian yang kasar dan jarang perawatan kak

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas