Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Anti Drama dan Pertengkaran, Intip 5 Tips Ampuh agar Disayang Mertua

Ada banyak cara agar kita dan mertua akur lho, Kawan Puan. Coba simak cara berikut ini agar kita disayang mertua!

Anti Drama dan Pertengkaran, Intip 5 Tips Ampuh agar Disayang Mertua
ilustrasi memiliki mertua 

Parapuan.co - Kawan Puan yang akan atau baru saja menikah mungkin masih sedikit canggung dengan sosok mertua. Apalagi, banyak kisah di media sosial bahkan film yang menunjukan kekejaman mertua terhadap kita. 

Jika kita berpikir kalau mertua setega dan sekejam itu pada kita, mulai sekarang mulai singkirkan pikiran buruk tersebut. Ganti dengan pikiran yang baik seperti menganggap kalau mertua adalah orang tua kita yang harus diperlakukan dengan hormat. 

Saat kita memperlakukan mertua dengan baik, mertua pasti akan lebih bersimpati pada kita dan melakukan hal yang sama. 

Lalu apa saja hal yang harus kita lakukan agar akur dan disayang oleh mertua? PARAPUAN punya tipsnya. Intip selengkapnya, yuk! 

 

Baca Juga: Menurut Psikolog, Ini Tips Segera Move On untuk Kamu Korban Ghosting


Kenali mertua dengan baik

Tanamkan dalam pikiran Kawan Puan kalau saat kita harus mengenali orang tua dan keluarganya dengan baik. Dengan memahami keluarganya, kita jadi tidak akan tersinggung jika suatu saat nama kita terseret dalam sebuah perbincangan atau sedang dibicarakan. 

Ganti Objek Percakapan

Suatu saat, mertua dan/atau keluarganya akan mengeluarkan pertanyaan bahkan pernyataan yang berlawanan dengan kita dan mengajak debat meski secara tidak langsung. 

Di kondisi tersebut, Kawan Puan harus segera menyelamatkan diri dengan mengganti objek percakapan dan mencari topik lainnya. Akan lebih baik jika Kawan Puan pergi dari situasi tersebut jika ada kesempatan. 

Selain itu, kita bisa kembali ke poin pertama agar tidak terlalu tersinggung. 

Hindari perdebatan

Dalam pernikahan yang dibangun, bisa saja kita merasa tidak sesuai akan suatu hal dengan mertua. Jika seperti ini cobalah untuk tidak berdebat ya, Kawan Puan. 

Apabila topiknya sangat penting, kita bisa meminta suami untuk bicara dengan baik-baik dengan orang tuanya.

Saat meminta pasangan kita yang berbicara, jabarkan baik buruknya pendapatmu dan mertua agar sama-sama menemukan solusi terbaik. Cara ini dianggap ampuh untuk kebaikan hubungan kita dengan mertua.

 

 

 

Baca Juga: Pernah Abai, Raline Shah Kini Sadar Pentingnya Kesehatan Mental untuk Hadapi Masalah Hidup


 

Jangan ragu meminta nasihat mertua

Saat kita memiliki masalah keluarga, kita bisa meminta saran mertua lho Kawan Puan. Tidak ada salahnya meminta saran kertua karena selain mendapat saran bermanfaat, hal ini bisa membuat mertua merasa dihormati. 

Perlu diingat bahwa mertua adalah sosok yang sudah mengarungi bahtera rumah tangga lebih lama dari kita dan pasangan. Manis pahit dalam keluarga sudah pernah dijalani.

Tetapkan Batas Tegas

Saat nanti Kawan Puan memiliki buah hati, kita mungkin akan merasa kaget saat mertua memperlakukan anak kita dengan membanding-bandingkan bagaimana cara asuhnya dahulu.

Jika dihadapkan pada situasi itu, Kawan Puan perlu menjelaskan kepada mertua kalau cara asuh yang diterapkan mungkin berbeda karena zaman juga sudah berbeda.

Sampaikan juga kepada papasangan mana yang harus diterapkan dan mana yang tidak. Jangan sampai cara mengasuh anak menjadi hal yang diperdebatkan dan lebih baik dikomunikasikan ya, Kawan Puan.

(*)

Baca Juga: Bukan Bergantung dengan Pasangan, Ini Cara Mengelola Emosi dan Kebahagiaanmu Sendiri

Ikuti kami di
Sumber: Parapuan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas