Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Vaksinasi Gotong Royong Jadi Upaya Swasta Dukung Kebangkitkan Ekonomi

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Covid-19 dari pihak swasta bantu pemerintah pulihkan ekonomi

Vaksinasi Gotong Royong Jadi Upaya Swasta Dukung Kebangkitkan Ekonomi
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-06-02 12:00:13 

Parapuan.co – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat aktivitas sosial dan ekonomi seakan berhenti. Ketika virus corona mulai merebak di Indonesia, tepatnya  pada Maret 2020, pemerintah langsung membatasi seluruh kegiatan di luar rumah untuk menekan angka penularan.

Kegiatan seperti bersekolah, bekerja, hingga beribadah dilakukan di rumah. Pembatasan jumlah karyawan yang bekerja di kantor pun dilakukan untuk perusahaan yang karyawannya tidak memungkinkan bekerja dari rumah karena bergerak di bidang pelayanan publik.

Transportasi umum juga sempat berhenti beroperasi. Kini, angkutan umum kembali dioperasikan, tetapi hanya boleh mengangkut penumpang dengan jumlah 50 persen dari kapasitas asli.

Hal tersebut membuat banyak pihak merasakan dampak yang luar biasa. Situasi yang tidak pasti dan sejumlah pembatasan tersebut membuat aktivitas ekonomi tidak berjalan normal.

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong Perdana untuk Pekerja Mulai Digelar Pekan Ini

Akibatnya, pertumbuhan ekonomi nasional pun ikut melambat. Berdasarkan Laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pada Agustus 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen.

Menghadapi situasi demikian, banyak pengusaha akhirnya melakukan efisiensi dalam operasionalnya. Salah satu langkah yang diambil adalah merumahkan karyawan. Perusahaan juga melakukan transformasi dan terobosan terus bertahan.

Pemerintah pun terus mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Berbagai cara dilakukan, mulai dari memberi stimulus bagi sektor swasta dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberikan bantuan kredit berbunga rendah, hingga membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Setelah vaksin Covid-19 tersedia, pemerintah melakukan langkah pemulihan kesehatan dengan menyelenggarakan program vaksinasi secara nasional.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Sumber: Parapuan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas