Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sering Dianggap Negatif, Bergosip Ternyata Punya Manfaat Baik

Mendengar kata gosip, pasti selalu dihubungkan dengan obrolan yang negatif. Namun ternyata menurut peneliti, gosip memiliki manfaat positig.

Sering Dianggap Negatif, Bergosip Ternyata Punya Manfaat Baik
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-06-09 17:00:38 

Parapuan.co - Gosip atau yang kini lebih sering disebut gibah selalu dimaknai dengan konotasi negatif. Umumnya gosip berisi obrolan yang berkaitan dengan urusan pribadi atau orang lain.

Tak hanya dilakukan secara langsung seperti di lingkungan tempat tinggal, di sekolah, atau di kantor, kini bergosip juga bisa dilakukan lewat telepon, chatting, atau lewat virtual.

Meski dicap negatif, namun seorang peneliti justru mengungkapkan sebaliknya. Ia menyebut gosip ternyata punya peran untuk menciptakan hubungan sosial dan membangun kepercayaan.

Alih-alih menjadi tabu sosial, bergosip justru memungkinkan seseorang belajar tentang dunia secara tidak langsung, melalui pengalaman orang lain.

Baca Juga: Tanpa Kita Sadari, Ini Pertanyaan Remeh yang Melukai Orang Lain

Ahli ilmu saraf di Dartmouth College di negara bagian New Hampshire Amerika Serikat, mempelajari gosip dan menemukan bahwa gosip adalah cara bagi orang untuk saling membantu dan berbagi pengalaman pribadi.

"Gosip adalah bentuk komunikasi yang kompleks yang sering disalahpahami," kata Eshin Jolly, peneliti postdoctoral di Computational Social Affective Neuroscience Laboratory.

"Ini bisa menjadi sarana hubungan sosial dan substantif, di luar konotasi negatifnya," ujar Jolly, seperti dilansir dari Asia One.

Contohnya saja obrolan pribadi dalam rapat Zoom online pun dapat dikategorikan sebagai gosip, di mana obrolan itu belum tentu menyebarkan desas-desus atau mengatakan hal-hal buruk tentang orang lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
Sumber: Parapuan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas