Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sebelum Daftar, Ketahui Dulu Perbedaan 3 Kelas di BPJS Kesehatan Ini

Ini perbedaan 3 kelas di BPJS kesehatan yang perlu Kawan Puan ketahui sebelum mendaftar. Perbedaannya ada di fasilitas rawat inap!

Sebelum Daftar, Ketahui Dulu Perbedaan 3 Kelas di BPJS Kesehatan Ini
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-10-08 14:01:07 

Parapuan.co - Apakah Kawan Puan sudah menggunakan BPJS Kesehatan? Atau kamu baru akan mendaftar diri kamu?

Jika kamu akan mendaftar, kamu perlu ketahui bahwa di layanan BPJS Kesehatan terdapat tiga kelas yang membedakannya yakni Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Saat mendaftarkan diri, kamu harus memilih salah satunya dan pilihanmu tersebut akan memengaruhi biaya yang perlu kamu keluarkan.

Nah, perbedaan masing-masing 3 kelas di BPJS Keseharan diatur dalam Peraturan BPJS Kesehatan No.1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan sebagai Bukan Penerima Upah

Selain itu, perbedaan fasilitas pada BPJS Kesehatan ini juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Melansir Grid Pop, manfaat BPJS Kesehatan ialah peserta bisa mendapatkan layanan yang sama untuk dokter, pemeriksaan, pengobatan, konsultasi dokter spesialis, obat, pemeriksaan lab, dan sebagainya.

Sehingga, bisa dibilang hal yang membedakan di antara ketiga kelas BPJS Kesehatan ini sebenarnya adalah fasilitas ruang rawat inap.

Seperti apa perbedaannya?

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas