Tribun

Sudah Tak Menjabat saat 2024 Nanti, Segini Gaji Pensiunan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'aruf Amin

Meski sudah tak menjabat lagi, segini gaji pensiunan yang diterima oleh Presiden Jokowi dan Wapres Ma'aruf Amin nantinya!

Penulis: Fira Firoh
zoom-in Sudah Tak Menjabat saat 2024 Nanti, Segini Gaji Pensiunan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'aruf Amin
Gaji presiden dan wapres 

Parapuan.co- Sebentar lagi, jabatan Presiden Jokowi akan digantikan oleh Presiden RI baru yang terpilih pada tahun 2024.

Presiden dan Wakil Presiden juga akan menerima uang pensiun dan tunjangan untuk hari tua sama seperti profesi lainnya.

Jumlah besaran uang yang diterima Presiden dan Wakli Presiden juga telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Hal itu tertera dalam Bab III Pasal 6 ayat 1 tertulis jika Presiden dan Wakil Presiden RI yang berhenti dengan hormat dari jabatannya berhak memperoleh pensiun.

Sementara itu, pada ayat 2 mengungkapkan besaran pensiun pokok yang diterima sebagaimana seperti yakni 100 persen dari gaji pokok terakhir.

Dalam UU Nomor 7 Tahun 1978 juga menyebutkan gaji Presiden ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

Sedangkan untuk gaji wakil presiden yakni sebesar 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

Lantas, berapa nominal gaji pensiun yang diterima oleh Presiden dan Wakil Presiden? Simak, pembahasannya di bawah ini!

Melansir Kompas.com yang tayang di Parapuan.co, gaji pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden yakni sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Halaman
123
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas