Tribun

Sunscreen Penting untuk Lindungi Kulit, Segini Penggunaan yang Tepat Menurut Ahl

Menggunakan sunscreen dengan takaran yang tepat dapat memberikan perlindungan bagi kulit secara optimal.

Penulis: Yussy Maulia
Editor: Wandha Nur Hidayat
zoom-in Sunscreen Penting untuk Lindungi Kulit, Segini Penggunaan yang Tepat Menurut Ahl
Ilustrasi menggunakan sunscreen sebanyak dua jari. 

Parapuan.co – Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib dipakai setiap hari, terutama saat hendak beraktivitas di luar ruangan.

Kawan Puan mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat sunscreen. Produk ini bekerja dengan “melapisi” kulit agar terlindung dari bahaya paparan sinar matahari.

Seperti diketahui, sinar matahari memproduksi radiasi ultraviolet (UV) yang berdampak buruk bagi kulit, mulai dari merusak lapisan atau barrier kulit hingga memicu hiperpigmentasi yang membuat warna kulit tampak tidak merata.

Sunscreen pun sebaiknya tetap digunakan meski Kawan Puan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Sebab, radiasi UV dapat menembus melalui jendela dan sela-sela pintu sehingga kulit tetap membutuhkan perlindungan.

Baca Juga: Mengenal Segudang Manfaat Kombinasi Vitamin C dan Sunscreen, Apa Saja?

Lalu, berapa takaran penggunaan sunscreen yang ideal untuk melapisi wajah? Pasalnya, menggunakan sunscreen yang terlalu banyak kerap menimbulkan efek lengket dan berminyak pada kulit.

Di sisi lain, Kawan Puan khawatir kulit tidak terlindungi secara maksimal apabila menggunakan sunscreen terlalu sedikit.

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi), takaran sunscreen yang ideal adalah satu sendok teh untuk satu kali pengaplikasian pada wajah dan leher.

Namun, untuk cara penakaran yang lebih mudah, Kawan Puan dapat mengukur lewat ruas jari. Dilansir dari laman Allure, satu sendok teh sunscreen setara dengan panjang ruas jari telunjuk dan jari tengah.

Baca Juga: Sering Beraktivitas di Luar Ruangan? Ini Cara Mencegah Kulit Jadi Belang

Pertama, aplikasikan sunscreen sebanyak satu ruas jari telunjuk pada area wajah dan leher. Tunggu beberapa menit, lalu aplikasikan satu ruas jari tengah sunscreen pada area yang sama.

Selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara optimal, pemakaian sunscreen dengan takaran dua ruas jari tidak menimbulkan “lapisan” tebal yang dapat memberikan efek lengket dan berminyak pada kulit.

Perdoksi pun menyarankan penggunaan sunscreen sebaiknya dilakukan 15-30 menit sebelum beraktivitas. Agar kulit tetap terlindungi sepanjang hari, aplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali, serta setelah berkeringat atau berenang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas