Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendagri: 3 Juta Nama Fiktif Sudah Dihapus dari DPT Pemilu

Kemendagri menegaskan, terus berupaya melakukan "pembersihan" terhadap nama-nama fiktif dalam DPT Pemilu 2014.

Penulis: Eri Komar Sinaga
zoom-in Mendagri: 3 Juta Nama Fiktif Sudah Dihapus dari DPT Pemilu
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Mendagri Gamawan Fauzi 

Laporan Wartawan Tribunnews Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan, terus berupaya melakukan "pembersihan" terhadap nama-nama fiktif dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum 2014.

Bahkan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengklaim, pihkanya sudah menghapus lebih dari tiga juta nama dari 10,4 juta orang yang masuk DPT Pemilu 2014. Pembersihan itu, merupakan hasil kerja sama dengan dinas catatan sipil di seluruh daerah.

"Sudah kami temukan sebagian, beberapa juta sudah kita temukan. Saya belum tahu persis, tapi sudah lebih dari tiga juta. Itu berdasarkan cek lapangan langsung ke daerah," ungkap Gamawan di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Menurut Gamawan, pihaknya sudah mengundang kepala dinas catatan sipil dan sekretaris daerah se-Indonesia untuk diberikan arahan guna membantu KPU memeriksa nama-nama calon pemilih.

"Kalau keputusan akhir tentu ada di KPU. Kita kan membantu KPU. Maka kita hanya membantu KPU, dan saya minta kepala dinas catatan sipil, para bupati dan wali kota membantu KPU di kabupaten/kota," harapnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas