Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu Investigasi Caleg dan Parpol Pelanggar Kampanye

Tim Bawaslu langsung turun bergerak melakukan investigasi atas Partai Golkar dan 10 calon legislatif DPR RI

Penulis: Y Gustaman
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bawaslu Investigasi Caleg dan Parpol Pelanggar Kampanye
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Ketua Badan Pengawas Pemilu, Muhammad (tengah), bersama anggota Bawaslu, Nasrullah (kanan), dan Endang Wihdatiningtyas (kiri), memberikan keterangan kepada pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, terkait proses pemberian informasi kepada Bawaslu dari Komisi Pemilihan Umum, Selasa (23/10/2012). Bawaslu mengancam akan melakukan tindakan tegas terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), jika tetap bersikeras mempertahankan sikap mereka terkait proses pemberian informasi. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung turun bergerak melakukan investigasi atas Partai Golkar dan 10 calon legislatif DPR RI yang dilaporkan Paralegal Pemilu atas dugaan melanggar kampanye.

Anggota Bawaslu, Nasrullah, mengaku menurunkan tim untuk melakukan investigasi kebenaran laporan tersebut. Bukan tidak mungkin, ketika pelanggaran kampanye tersebut benar, Bawaslu akan memberikan rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum.

"Kami langsung instruksikan tim melakukan investigasi untuk membuktikan kebenaran laporan itu. Kalau benar, kita seger memberi rekomendasi ke KPU jika itu pelanggaran administratif," ujar Nasrullah kepada wartawan di Bawaslu, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Paralegal Pemilu, bukan saja melaporkan dugaan pelanggaran kampanye 10 caleg terkait pemasangan alat peraga kampanye tidak pada tempatnya. Mereka juga melaporkan Partai Golkar terkait iklan kampanye di luar jadwal di TV One.

"Terkait persoalan penayangan iklan melalui televisi, kami sedag mengkajinya. Kami meminta bukti-bukti dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yang dapat membntu proses klrafikasi dan kajian Bawaslu. Mudah-mudahan membantu Bawaslu untuk memprosesnya," sambungnya.

Para caleg yang dilaporkan antara lain dari PDI Perjuangan, Andi M. Natsir, Efendi Simbolon dan Charles Honoris; PAN, Didi Supriyanto, Neneng dan Abia Bustam; Partai Hanura, Zainudin; Partai Demokrat, Juli Karnadi dan Zainal Alhadad dan PKB, Dedi S.

Paralegal Pemilu melaporkan mereka disertai bukti foto dan video. Termasuk video soal iklan televisi Partai Golkar. Bukti ini temuan relawan pemilu, Paralegal Pemilu. Mereka adalah warga yang dilatih untuk ikut mengawasi kampanye Parpol dan Caleg.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas