Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Dana Saksi, Marzuki: Tidak Semua Partai Kaya

Menurut Marzuki tidak semua partai mampu membiayai saksi pada pemilu.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Soal Dana Saksi, Marzuki: Tidak Semua Partai Kaya
/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie akhirnya angkat bicara mengenai dana saksi parpol dibayar negara. Menurut Marzuki tidak semua partai mampu membiayai saksi pada pemilu.

"Partai itu tidak semuanya kaya. Kita tahu proses pemilu ini banyak mengandung kecurigaan," kata Marzuki di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Ia mengatakan setiap pemilu selalu dicurigai adanya kecurangan. Alasan itu selalu muncul karena tidak ada saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Apalagi partai politik tidak menyiapkan uang saksi.

"Demokrasi ini harus dikawal, kita tahu sudah ada penyelenggara pemilu yang tidak independen. Pada tingkat yg di bawah TPS, kita dengar suka ada pesan suara dan sebagainya," kata Politisi Demokrat itu.

Bila tidak ada saksi, Marzuki mengatakan demokrasi dikhawatirkan menjadi legitimasi kemenangan partai tertentu saja yang punya uang.

"Keadilan bukan begitu. Jadi supaya sama, maka tugas KPU lah mengkonsolidasi wakil-wakil partai untuk mengawasi pelaksanaan pemilu itu mulai level paling bawah sampai atas, jadi tidak ada lagi kecurigaan," ungkapnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas