Tribun

Pemilu 2014

Pemilih Luar Negeri Hanya Bisa Coblos Caleg Dapil II Jakarta

warga negara Indonesia di luar negeri hanya memilih caleg DPR RI yang maju dari Dapil DKI II

Penulis: Wahyu Aji
Pemilih Luar Negeri Hanya Bisa Coblos Caleg Dapil II Jakarta
TRIBUNNEWS.COM/Wahyu Aji
Ketua KPU Husni Kamil Manik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Pokja Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN), M. Wahid Supriyadi, menyebutkan, sekitar 2,2 juta calon pemilih dalam Pemilu 2014 yang tinggal di luar negeri hanya memilih caleg DPR RI dari Dapil DKI Jakarta II.

"Sampai hari ini DPTLN (daftar pemilih tetap luar negeri) yang kami terima 2,25 juta. Seluruh penduduk atau WNI di luar negeri ada 4,7 juta, potensi pemilih yaitu yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah 2,2 juta," katanya di kantor PT. Gelora Aksara Pratama (Erlangga) Jalan H. Baping Raya No.100 Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (11/2/2014).

Wahid menjelaskan, warga negara Indonesia di luar negeri hanya memilih caleg DPR RI yang maju dari Dapil DKI II. Dapil ini meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan luar negeri.

"Ada banyak pertanyaan, saya tinggal diluar negeri tapi (memilih) untuk dapil Jakarta. Hal ini kami belum bisa dipecahakan selama 3 kali Pemilu," jelasnya.

Lebih lanjut Wahid mengatakan Diaspora Indonesia sudah mengusulkan agar dibentuk dapil sendiri di luar negeri. Menurutnya, lantaran tak merasa terwakili, hal itu salah satu faktor yang membuat pemilih di luar negeri sangat kecil rasa ingin berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

Dirinya menjelaskan, jumlah pemilih yang ada sekira 2,25 juta dari daftar pemilih tetap (DPTLN) yang mencapai 4,7 juta. Namun dari angka tersebut berkurang, karena diperkirakan ada pemilih di bawah usia 16 tahun.

"Data pemilih tambahan yang paling sulit selama proses pelaksanaan Pemilu ini, karena itu moving. Ada yang sudah tidak tinggal di sana, ada juga yang sudah meninggal. Tapi angkanya sekira 2,25 juta pemilih," jelasnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas