Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Diusulkan Gandeng Seorang Jenderal Sebagai Cawapres

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menilai, Jokowi sebaiknya didampingi tokoh yang memiliki wawasan pertahanan.

Penulis: Wahyu Aji
zoom-in Jokowi Diusulkan Gandeng Seorang Jenderal Sebagai Cawapres
Tribunnews/Herudin
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi berkunjung ke Museum Kebangkitan Bangsa, di Jakarta Pusat, Minggu (16/3/2014). Jokowi yang menjadi juru kampanye PDI Perjuangan (PDIP) memulai hari pertama kampanye dengan berkeliling museum menelusuri jejak-jejak perjuangan para pahlawan di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jawaban atas teka-teki siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko "Jokowi" Widodo yang sudah ditetapkan maju menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan, masih dinanti.

Takwil tentang pendamping Jokowi pun bermunculan. Termutakhir, Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menilai, Jokowi sebaiknya didampingi tokoh yang memiliki wawasan pertahanan.

"Saya pikir, tetap figur militer harus ada dekat Jokowi sebagai cawapres. Atau kalau tidak, Jokowi harus berani merombak Polri menjadi bawahan sebuah departemen, sehingga National Security Council (NSC) bisa dibentuk," kata Connie saat dihubungi wartawan, Minggu (16/3/2014).

Dirinya mengatakan, NSC bisa segera ditetapkan kalau Jokowi terpilih menjadi RI1. "Maka figur militer sudah tidak menjadi issue untuk wakil," katanya.

Connie menyebutkan, adanya pertemuan 22 pensiunan Jendral mendukung jokowi.

Pengamat militer CSIS Alexandra Retno Wulan menilai, "perang bintang" atau persaingan antarjendral militer  sudah berlangsung untuk menjadi capres maupun cawapres.

BERITA TERKAIT

"Saya rasa memang sudah terlihat perang bintang. Kalau militer masih mampu, silahkan, demokrasi sudah maju," kata Alexandra.

Dihubungi terpisah Direktur Imparsial Poengky Indarti menyatakan ketidaksetujuan terhadap wacana sipil-militer.

Siapa pun presiden dan wakil presiden mendatang, dirinya berharap memang layak karena kapasitas dan bersih, termasuk latar belakang sebelumnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas