Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Franz Magnis: Ucapan Seorang Politisi Harus Bisa Dipegang

Seorang politisi seharusnya memegang teguh janji politiknya saat berkampanye

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Franz Magnis: Ucapan Seorang Politisi Harus Bisa Dipegang
/TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA
Franz Magnis Suseno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang politisi seharusnya memegang teguh janji politiknya saat berkampanye meminta dukungan rakyat supaya menjadikannya seorang pemimpin. Namun perubahan situasi seringkali membuat ucapan seorang politisi tidak bisa dipegang.

Menurut pakar etika politik dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Franz Magnis Suseno, sebagai pemimpin hanya janji-janjinya yang dapat menunjukkan dirinya layak untuk dipilih menjadi seorang pemimpin. Walaupun tak dapat dipungkiri, ada janji yang tidak dapat terpenuhi akibat situasi yang berubah.

"Kata seorang politisi juga harus bisa dipegang seperti janji dan komitmen. Tapi jika situasi berubah, maka semua bisa berubah," kata Franz saat ditemui di kantornya, Jumat (21/3/2014).

Namun menurutnya rakyat mungkin tidak akan mau tahu mengenai adanya perubahan situasi. Ia menjelaskan dalam pandangan rakyat, janji adalah satu-satunya yang dapat mereka pegang.

"Tapi kesan pada rakyat berbeda. Mereka terlihat seakan-akan mendapatkan kesan menggunakan janji untuk mendapatkan kekuasaan," tuturnya.

Sebagai contoh, Franz menilai langkah yang diambil oleh Jokowi saat mendeklarasikan diri menjadi bakal calon Presiden dari PDI Perjuangan masih belum tepat. Karena menurutnya tidak ada program yang diusung mantan Walikota Solo tersebut.

"Saya menilai Jokowi tidak cukup dengan mendeklarasikannya. Karena saya ingin tahu beberapa program yang hebat dari dia dalam beberapa bidang yang canggih," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas